Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Risda Mawartika, Caswita Caswita, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This research was a quasi-experimental research that aimed to find out the effectiveness of Problem Based Learning in terms of students' mathematical communication skill. The population of this research was 63 students of grade VIII in SMP Negeri 13 Bandarlampung that were distributed in two classes. The entire population was used as a sampleby using The Randomized posttest-only control group design. The data of the research was the data of students' mathematical communication skill that acquired through the test. Based on the result of the similarity test of two averages showed that the students mathematical communication skill by using Problem Based Learning was higher than conventional learning, but the percentage of students who was taught by Problem Based Learning did not achieve 60%. Thus, Problem Based Learning was not effective in terms of students' mathematical communication skill.


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas Problem Based Learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis. Populasi penelitian ini adalah 63 siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Bandarlampung yang terdistribusi dalam dua kelas. Seluruh populasi tersebut merupakan sampel, dengan desain penelitian the randomized posttest-only control group design. Data penelitian berupa data kemampuan komunikasi matematis siswa yang diperoleh melalui tes. Berdasarkan hasil uji kesamaan dua rata-rata diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan Problem Based Learning lebih tinggi dari pembelajaran konvensional, akan tetapi persentase siswa denganProblem Based Learning tidak mencapai 60%. Dengan demikian Problem Based Learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, problem based learning, komunikasi matematis


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Choridah, Dedeh Tresnawati. 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. (Online), Volume 02, No.02, Halaman 194-202, (http://www. ejournal. Stkip siliwangi.ac.id), diakses 14 Agustus 2017.

Fatimah, Fatia. 2012.Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. (Online), Volum 16, No.1, Halaman 40-50, (http://download. portalgaruda.org), diakses 8 Agustus 2017.

Firmansyah, M. 2010. Pengaruh Iringan Musik dalam Penyelesaian Soal Matematika terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Irman.2014. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP melalui Pendekatan Matematik Realistik Indonesia (PMRI).Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika.(Online),Volume 02, Halaman 316-322, (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id), diakses 13 Oktober 2016.

Janawi. 2013. Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.

Kusuma, Dwi Candra. 2014. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ma tematika STKIP Siliwangi.(Online), Volume 02. Halaman 452-458, (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id), diakses 28 Juli 2017.

Lidinillah, Dindin A.M. 2014. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal. (Online), (http://file. upi.edu), diakses 13 Oktober 2015.

Muchlis, Effie Efrida.2012. Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.Jurnal Exacta. (Online), Volum 10, No.2, Halaman 136-139, (http://ebookbrowsee. net), diakses 10 Agustus 2017.

Mustofa, Arif dan Muhammad Thobroni. 2011. Belajar dan pembelajaran Pengembangan. (online), (http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/buku/detail/belajar-pembelajaran-pengembangan-wacana-dan-praktik-pembelajaran-dalam-pembangunan-nasional-muhammad-thobroni-dan-arif-mustofa-42945.html), diakses 10 Juli 2017.

NCTM. 2000. Curriculum and Evaluation Standards for Scool Mathematics. (Online), (http://www.nctm.org/standards/content.aspx?id=270), diakses 2 Oktober 2016.

OECD. 2016. PISA 2015 Result: Ready to Learn Students Engagement and Self Beliefs. (Online), Volume VI, (http://oecd.org), diakses 23 Maret 2017.

Pannen, P. 2001. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: PAUPPAI.

Permendikbud. 2014. Tujuan Pembelajaran. (Online), (https://www.slideshare.net/MuhammadAlfiansyah1/tujuan-pembelajaran-matematika-berdasarkan-peraturan-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan-republik-indonesia-nomor-58-tahun-2014), diakses 8 Agustus 2017.

Romal, Juliana Sugiatno. 2014. Pendekatan Problem Based Learning Serta Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa. Disertasi tidak diterbitkan. (Online), (http://download.portalgaruda .org/article), diakses 28 Juli 2017.

Sumarmo, U. 2011. Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Ban-dung. (Online), Volume 1, ISBN 978-602-19541-0-2. (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id), diakses 10 Agustus 2017.

Sutiarso, Sugeng. 2016. Model Pembelajaran ALQURAN (Alquran Teaching Model).Prosiding Seminar Nasional Mathematics, Science, & Education National Conference (MSENCo). Bandarlampung: IAIN Raden Intan Bandarlampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.