Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Muhammad Ilham Megantara, Rini Asnawati, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This research aimed to find out the effectiveness of Realistic Mathematic Education approach in terms of students understanding of mathematical concepts. The population of this research was students of grade VII in SMP Negeri 1 Adiluwih in academic year of 2016/2017 that were distributed into 6 classes. The samples of this research were students of VII A and VII B class which were chosen by purposive and random sampling technique. The design was posttest only control group design. Analysis data of the research used t-test. Research data were obtained through test of understanding of mathematical concepts. Based on the result of the research, it was concluded that Realistic Mathematic Education approach was not effective in terms of students' understanding of mathematical concepts. But, the students understanding of mathematical concepts which was taught by Realistic Mathematic Education approach was better than students understanding of mathematical concepts which was not taught by Realistic Mathematic Education approach.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan Realistic Mathematic Education ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Adiluwih tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 6 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa pada kelas VII A dan VII B yang diambil dengan teknik purposive dan teknik random sampling. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Analisis data penelitian ini menggunakan t-test. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Mathematic Education tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Namun, pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan realistic mathematic education lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan realistic mathematic education.


Kata kunci: efektivitas, pendekatan realistic mathematic education, pemahaman konsep matematis.




Full Text:

PDF

References


Antonina, Meilani Asta Sari Ningsih. 2015. Penerapan Mapping Dalam Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Fajarina, Aulia Rahma. 2016. Hubungan Antara Penggunaan Media Gambar dengan Prestasi Belajar ips Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Muchlis, Masnur. 2012. KTSP Pembelajara Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Murizal, Angga. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Journal of Education Studies. (Online). Vol.1 No.1. (http://www.academia.edu/22882439/pemahaman_konsep_matematis_dan_model_pembelajaran_quantum_teaching), diakses 3 Agustus 2017.

Ningsih, Selvi Utami. 2015. Efektivitas Penerapan Model Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan representasi dan Disposisi Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Permendikbud No 58 Tahun 2014. Tentang kurikulum 2013 Sekoklah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah.

Raden, Dewi Herlinda Sukar. 2014. Efektivitas Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rahayu, Setya. 2012. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Repository. (Online). (repository.uinsuska.ac.id), diakses 15 Agustus 2017.

Rahman, Arief Aulia. 2017. Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Statistika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan. (online). Vol.8 No.2. (http://ejournal.stkipbbm.ac.id), diakses 15 Agustus 2017.

Rohana. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa FKIP Universitas PGRI. Prosiding. Palembang : Prosiding PGRI.

Ruseffendi, E. T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

TIMSS. 2015. TIMSS 2015 International Results in Mathematics. (Online). Tersedia: http:// timms2015.org/timss2015/mathematics/studentachievement/distributionofmathematicsachievment/. Diakses pada 3 Agustus 2017.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardhani, Sri. 2006. Pembelajaran dan Penilaian Kecakapan Matematika di SMP. Makalah disampaikan pada Diklat Instruktur/Pengembangan Matematika SMP tingkat nasional di pppg matematika Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.