PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Eka Yulia Asri, Sri Hastuti Noer, Een Yayah Haenillah

Abstract


This research and development aimed to develop guided discovery learning model and find out its effectiveness towards students mathematical critical thinking ability. The stages of development were started from preparation phase, design product, design validation, individual test, small group test, and field test. The subject of this research was students of tenth grade at SMAN 7 Bandar Lampung. The data of this research were obtained by mathematical critical thinking ability test. The preparation showed that it was need to developed guided discovery learning. Based on the result in this research, the design validation was in excellent category, individual test was in good category, and small group test was in excellent category. The result of field test showed that increasing of students mathematical critical thinking ability after taught by guided discovery learning was quite effective category.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran penemuan terbimbing dan menguji efektivitasnya terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Tahapan pengembangan ini dimulai dari tahap persiapan, desain produk, validasi desain, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 7 Bandar Lampung. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis matematis. Tahap persiapan menunjukkan kebutuhan dikembangkannya pem-belajaran penemuan terbimbing. Berdasarkan hasil penelitian, validasi desain termasuk dalam kategori sangat baik, uji coba perorangan termasuk dalam kategori baik, dan uji coba kelompok kecil termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah diberikan pembelajaran penemuan terbimbing termasuk dalam kategori cukup efektif.

Kata kunci: penemuan terbimbing, berpikir kritis, efektivitas


Full Text:

PDF

References


Ahmatika, Deti. 2007. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pendekatan Inquiry. Jurnal Euclid, Vol. 3, No. 1, [Online]. http://www.fkipuns-wagati.ac.id/ejournal//index.php//euclid/article/downlod/240/24.com. [28 Februari 2017].

Akker, J. 2006. Educational Design Research. London and New York: Routledge.

Dewi, Santika. 2016. Hubungan Kecerdasan Sosial dengan Kepuasan Kerjasama Kelompok dalam Small Group Discussion. Jurnal Psikologi Udayana, Vol. 3, No. 1, [Online]. http://www.ojs.unud.ac.id. 07 Maret 2017.

Facione, P. A. 2015. Critical Thinking: What it is and Why it Counts. Insight Assesment. [Online]. http://www.insightassessment.com/pdf_files/what&why-2006.pdf. [7 Februari 2017].

Hartono, Budi. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah di Madrasah Tsanawiyah. Tesis. Bandar Lampung: Unila.

Ibrahim. 2011. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP dalam Matematika Melalui Pendekatan Advokasi dengan Penyajian Masalah Open Ended. Tesis. Bandung: UPI.

Kemendikbud. 2013. Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik.

Liberma. 2013. Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Efficacy Siswa. Tesis. Medan: Unimed.

Mahmudi, Ali. 2009. Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPA Unhalu, Vol. 8, No. 1, [Online]. http://staffunhalu.ac.id. [13 Maret 2017].

Sumarlin, Adam. 2014. Aplikasi Teori Perkembangan Bahasa Menurut Vygotsky dalam Pendidikan. Jurnal Manajamen Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 2, [Online], http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php//tj//article//view/25292.html.com. [01 Maret 2017].

Sumawardani, Wahyu. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran SAVI dalam Pembelajaran Matematika untuk Mengembangkan Karakter Mandiri Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 1, [Online]. http://id.portalgaruda.org. [04 Maret 2017].

Susanto, Amad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.