DESKRIPSI DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK
Abstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi berpikir kritis matematis siswa dengan pembelajaran Socrates Saintifik pada materi perbandingan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-F SMPN 22 Pesawaran pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Melalui teknik purposive sampling terpilihlah dua belas siswa yang dideskripsikan disposisi berpikir kritisnya. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan terhadap data. Hasil penelitian ini adalah selama proses pembelajaran dengan Socrates Saintifik, disposisi berpikir kritis yang dominan muncul adalah kepercayaan diri, rasa ingin tahu, dan pencarian terhadap kebenaran. Selama proses pembelajaran, karakteristik pertanyaan Socrates membuat siswa memiliki rasa ingin tahu serta memiliki kepercayaan diri dalam berpikir kritis saat menjawab pertanyaan-pertanyaan.
Kata kunci: berpikir kritis matematis, disposisi, socrates saintifikFull Text:
PDFReferences
Anhar. 2015. Keterampilan Bertanya. [Online]. http://www.academia.edu. [6 Oktober 2016].
Baharun, Hossain. 2014. Metode Pembelajaran Socrates. [Online]. http://id.scribd.com. [4 Oktober 2016].
Fisher, Craig. 2010. Discussion, Participation and Feedback in Online Course 2010 ISECON Proceedings v27 n1382. [Online]. http://proc.isecon.org/2010/pdf/1382.pdf. USA: Nashville Tennessee. [4 Oktober 2016].
Hanifah, Tasyami Fitria. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Model Elictina Activies (MEAS) dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. http://repository.upi.edu. [7 Januari 2017].
Hudoyo, Herman.2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.
Kemendikbud. 2014. Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbang Prodik.
Lambertus. 2009. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD. Forum Kependidikan, Volume 28, Nomor 2, Maret 2009. Kendari: Unhalu. [Online]. http://eprints.uny.ac.id/2384/1/skripsi. [6 Oktober 2016].
Mahmudi, Ali. 2010. Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis (Makalah Disposisi pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika). [Online]. http://staff.uny.ac.id. [9 Oktober 2016].
Maulana. 2013. Mengukur dan Mengembangkan Disposisi Kritis dan Kreatif Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar, Volume 4, Nomor 2. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. [Online]. http://file.upi.edu. [6 Oktober 2016].
Nasution. 2002. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Natalia. 2013. Menumbuhkan Keberanian Siswa untuk Aktif dalam Pembelajaran. [Online]. https://natalia778.wordpress.com/2013/01/16/menumbuhkan-keberanian-siswa-untuk-aktif-dalam-pembelajaran/. [6 Oktober 2016].
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tahang. 2014. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kendari Melalui Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Phet Simulation (Penelitian Tindakan Kelas) 2014. [Online]. http://myfortuner.files. wordpress.com. [ 4 November 2016].
Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi. Bandung: UPI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.