EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CIRC DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of CIRC learning in terms of students mathematical communication skill. The design which was used was posttest only control design. The population of this research was all students of grade VIII of Junior High School 8 Bandarlampung in academic year of 2016/2017. The samples of this research were students of VIIIG and VIIIH class that were determined by purposive random sampling technique. The data of students mathematical comunication skill were obtained by essay test. Based on the result and discussion, it was concluded that the implementation of CIRC learning was not effective in terms of students mathematical communication skill but increasing of communication skill in CIRC learning was higher than conventional learning.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran CIRC ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG dan VIIIH yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh melalui tes uraian. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan CIRC tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa tetapi peningkatan kemampuan komunikasi pada CIRC lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional.
Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, pembelajaran CIRC
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Depdiknas.
Depdiknas. 2016. Kebijakan Kurikulum pada Tahun 2016. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, M. Sobry. 2014. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.
Hamid, D. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003: Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Asokadikta Darut Bahagia.
Karimah, Sayyidatul. 2013. Pembelajaran Matematika Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal UNIKAL Vol. 1, No. 2, Juli 2013, Hlm. 115-199. [Online]. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=129490&val=5106. [16 Februari 2017].
Napitupulu, Ester L. 2012. Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. Harian Kompas. 14 Desember 2012. [Online]. http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/14/09005434. [5 Maret 2016].
OECD. 2013. Pisa 2012 Results in Focus. [Online]. http://oecd.org/pisa/keyfindings/psa-2012-results-overview.pdf. [6 Maret 2016].
PIRLS. 2011. Analisis Hasil Belajar Peserta Didik dalam Literasi Membaca Melalui Studi Internasional (PIRLS) 2011. [Online]. http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-pirls1/laporan-pirls. [18 Desember 2016].
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.