PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF CONFIDENCE

Elok Waspadany, Rini Asnawati, Sri Hastuti Noer

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the increasing of critical thinking skills and self confidence of students who was taught by problem based learning compared to conventional learning. The design which was used was pretest-posttest control group design. The population of this research was all students of grade VIII of SMP Al Kautsar Bandar Lampung in the academic year of 2015/2016 and the samples of this research were students of VIII-A and VIII-B class that were determined by purposive sampling technique. The data of critical thinking were obtained by test and data of self confidence were obtained by questionare. Based on the research results, it was concluded that the implementation of problem based learning could increase critical thinking skills, but it could not increase students' self confidence.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan self confidence siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh melalui tes sedangkan data self confidence diperoleh melalui kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, namun tidak dapat meningkatkan self confidence siswa.

Kata kunci: berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, self confidence


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arrends, Richard I. 2012. Learning to Teach 9th Ed. New York: Mc Graw Hill.

Dinandar. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. [Online]. [http://repository.uinjkt.ac.id. diakses pada 16 April 2016].

Ennis, Robert H. 1991. Critical Thinking: Astreamlined Conception. Illinois: University of Illinois. [Online]. [http://faculty.education.illinois.edu. diakses pada 15 Oktober 2015].

Hakim, Sovian. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis. [Online]. [http://download.portalgaruda.org. diakses pada 16 April 2016].

Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist Vol. 1 No. 1 Hlm. 47-56. [Online]. [http://file.upi.edu. diakses pada 31 Oktober 2015].

Jumaisyaroh, T., E. E. Napitupulu, dan Hasratuddin. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kreano Vol. 5 No. 2 Hlm. 157-169. [Online]. [http://download.portalgaruda.org. diakses pada 16 April 2016].

Lau, Joe Y. F. 2011. An Introduction to Critical Thinking and Creativity: Think More, Think Better. Canada: WILEY.

Megawati. 2009. Perbedaan Self Confidence Siswa SMP yang Aktif dan Tidak Aktif dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMPN 1 Perbaungan. [Online]. [http://repository.usu.ac.id. diakses pada 3 Januari 2016].

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., dan Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Sudiyasa, I Wayan. 2014. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung Vol. 1 Hlm. 157-160. [Online]. [http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id. diakses pada 15 Oktober 2015].

Sumarmo, Utari. 2014. Pengembangan Hard Skill dan Soft Skill Matematik bagi Guru dan Siswa untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung Vol. 1 Hlm. 5. [Online]. [http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id. diakses pada 15 Oktober 2015].

Triyanto, Eko. 2013. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pross Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 2 Hlm. 226-238. [Online]. [http://core.ac.uk diakses pada 10 Oktober 2015].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.