EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Rita Purnamasari, M. Coesamin, Arnelis Djalil

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of cooperative learning of think talk write in terms of students mathematical communication skill. The population of this research was all students of grade seventh in Junior High School 8 Bandar Lampung in academic year of 2015/2016 that were distributed into 13 classes. The samples of this research were students of VIIA and VIIB class which were determined by purposive sampling technique. This research used post-test only control group design. Based on the result of data analysis, it was concluded that the implementation of cooperative learning of think talk write wasnt effective in terms of students mathematical communication skill.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe think talk write ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam 13 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain post-test only control group design. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe think talk write tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, think talk write


Full Text:

PDF

References


Ansari, Bansu Irianto. 2013. Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMU Melalui Strategi Think Talk Write. Skripsi. Bandung: UPI.

Baroody, A. J. 1993. Problem Solving, Reasoning, and Communicating, K-8. Helping Children Think Mathematically. New York: Macmillan Publishing Campany.

Dabutar, Jelarwin. 2008. Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dharma Bhakti.

Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Cetakan Ke-3. Bandung: Refika Aditama.

Hasanah, Umi. 2012. Efektivitas Strategi Pembelajaran Tipe TTW Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Unila.

Mardjono, M. dan Sidharta, P. 2008. Mekanisme Susunan Saraf Pusat. Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Nasution, S. 1999. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. NCTM: Reston, Virginia.

OECD. 2013. PISA 2012 Result in Focus What 15-year-olds Know and What They Can Do with What They Know. [Online]. [http://www.oecd.org. diakses pada 01 Januari 2016].

Permendiknas. 2006. Nomor 22 tahun 2006 tentang Tujuan Pembelajaran Matematika di Sekolah dan Standar Isi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Permendiknas.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.