Proses Pembelajaran Gerak Tari Sigeh Pengunten Pada Siswa Kelas 5 SDN Mandah Lampung Selatan
Abstract
This research was aimed to describe the the process and learning outcomes art of dance by using the theory of constructivism and role play model. This research was conducted at SDN Mandah Lampung Selatan 2017/2018 using types of research qualitative descriptive. Sources of data obtained in this study were 21 female students who formed 3 groups. Techniques used to collect data are literacy study, interview observation, documentation, data analysis, practice test and non test. The result of learning of dance sigeh dance movement by using role playing model is given through three aspects: wiraga, wirama, wirasa, beside that there is also assessment about student learning activity at every meeting. The result of learning process of dance sigeh dance movement using role model on sigeh dance has good criteria.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pada pembelajaran seni tari dengan menggunakan teori konstruktivisme dan model bermain peran. Penelitian ini dilakukan di SDN Mandah Lampung Selatan 2017/2018 dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 21 siswi yang terbentuk 3 kelompok. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah studi literartur, observasi wawancara, dokumentasi,analisis data, tes praktik dan non tes. Hasil pembelajaran ragam gerak tari sigeh pengunten dengan menggunakan model bermain peran diberikan melalui tiga aspek yaitu wiraga , wirama, wirasa, selain itu juga terdapat penilaian tentang aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan. Hasil proses pembelajaran ragam gerak tari sigeh pengunten menggunakan model bermain peran pada tes tari sigeh pengunten memiliki kriteria baik.
Kata kunci: Bermain Peran, Pembelajaran Seni, Sigeh Pengunten
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. 2010.Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Hamzah, Uno B. 2004. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta
Narbuko, cholid. 2012. Metodologi Penelitian.Jakarta : PT Bumi Aksara
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya Offset
Sugiono. 2013. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta
Refbacks
Copyright (c) 2018 Jurnal Seni dan Pembelajaran