EFEKTIVITAS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

Siti Marfu'ah, Ratu Betta Rudibyani, Emmawaty Sofya

Abstract


This research aimed to describe the effectiveness of problem solving learning model to increase inference skills in electrolyte and nonelectrolyte solutions topic. Analysis of the effectiveness was done through hypothesis testing by Independent Sample t-Test to looking for differences of the n-Gain of control and experiment class. The results showed that the average value of posttest of control and experiment class were 69.925 and 83.575, respectively, and the average n-Gain of inference skills of control class and experiment class were 0.471 and 0.712, respectively. So, it was said that problem solving learning model is effective to increase inference skills in electrolyte and nonelectrolyte solutions topic.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Analisis efektivitas dilakukan melalui uji hipotesis dengan Independent Sample t-Test untuk melihat perbedaan n-Gain antara kelas kontol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 69,925 dan 83,575 dan rata-rata n-Gain kemampuan menyimpulkan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,471 dan 0,712. Jadi, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran problem solvingefektif untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit.

Kata kunci : elektrolit dan non-elektrolit, kemampuan menyimpulkan, problem solving

Full Text:

PDF

References


Arends, R. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. London: Sage Publications.

Djamarah, S. B., dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ennis, R. H. 1996. Critical Thingking. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Hake, R. R. 1998. Interactive Engagement Methods in Introducory Mechanics Courses, [Online]. Tersedia: http://physics.indiana.edu/~sdi/-IEM-2b.pdf, [11 Maret 2015]

Ibramsah. 2013. Analisis Kemampuan Menginduksi dan Mempertimbangkan Hasil Induksi Pada Materi Koloid Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Muslich, M. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Roestiyah, N. K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Saputra, A. 2012. Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sunyono, Leny Yuanita, dan Muslimin Ibrahim. 2013. Keterkaitan Model Mental Mahasiswa dengan Penguasaan Konsep Stoikiometri Sebbelum dan Sesudah Pembelajaran dengan Model SiMaYang. [Online], [https://sunyonoms.files.wordpress.com/2014/04/8_prosiding-semnas-unesa2013-sunyono.pdf], diakses 06 Desember 2014.

Sutiarso, S. 2011. Statistika Pendidikan dan Pengolahannya dengan SPSS. Bandar Lampung: AURA.

Trianto. 2010. Model-model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Trihendradi, C. 2009. 7 Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik Menggunakan SPSS 17 Komputer. Yogyakarta: Andi Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.