PENERAPAN SIMAYANG TIPE II PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT
Abstract
This quasi experiment with One Group Pretest-Postest design aimed to describe the practicality and effectiveness of SiMaYang type II on electrolyte and non electrolyte solution. The samples on this study were students of the 10th grade of MIA1, MIA2, and MIA6 gotten by using cluster random sampling. The results showed that the practicality of SiMaYang type II was measured by implementing lesson plans, students responses, assessment of teachers ability, and students activity which were classified as very high criteria. The effectiveness of SiMaYang type II was measured by n-Gain and enhancement of self-efficacy. n-Gain was classified as moderate to high criteria. The enhancement of self-efficacy was classified as very high criteria. So it was concluded that SiMaYang type II based on multiple representation is practicable and effective.
Penelitian kuasi eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design ini bertujuan mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan SiMaYang tipe II pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA1, MIA2, dan MIA6 dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan kepraktisan SiMaYang tipe II diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP, respon siswa, penilaian kemampuan guru, dan aktivitas siswa tergolong kriteria sangat tinggi. Keefektivan SiMaYang tipe II diukur berdasarkan n-Gain dan peningkatan efikasi diri. n-Gain tergolong kriteria sedang sampai tinggi. Peningkatan efikasi diri tergolong kriteria sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan SiMaYang tipe II berbasis multipel representasi praktis dan efektif.Kata kunci: keefektivan, kepraktisan, larutan elektrolit dan non elektrolit, SiMaYang tipe II
Full Text:
PDFReferences
Anandari. 2013. HubunganPersepsi Siswa atas Dukungan Sosial Guru dengan Self-Efficacy Pelajaran Matematika pada Siswa SMA Negeri 14 Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(3), 210-217.
Apsari, B. S., Adi, W., & Octoria, D. 2015. Pengaruh Efikasi Diri, Pemanfaatan Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Surakarta). Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 91-102.
Bandura. 1997. Self Efficay The Exercise of Control. New York: W.H Freeman and Company..
Harahap, Dakkal.2008. Analisis Hubungan Antara Efikasi-Diri Siswa dengan Hasil Belajar Kimianya. Padangsidimpuan: UMTS, 3(1),42-53
Herawati, R. F., Mulyani, S., dan Redjeki, T. 2013. Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau dari Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2), 38-43.
Mahmudi, M. H., dan Suroso, S. 2014. Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. PERSONA, 3(02), 183-194.
Meirina. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Multipel Representasi pada Sub Materi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pergeseran Kesetimbangan Kimia. Skripsi . Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Pujiati. 2010. Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa. Tesis. Bandung: UPI-Bandung.
Sudijono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.
Sunyono. 2012. Analisis Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental Stoikiometri Mahasiswa. Laporan Hasil Penelitian Hibah Disertasi Doktor_2012. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi Doktor. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya: tidak diterbitkan.
Tasker, R & Dalton, R. 2006. Research Into Practice : Visualization of the Molecular World Using Animations. Chem. Educ. Res. Prac. 7, 141-159.
Tim Penyusun. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. Jakarta: BSNP
Tohir. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Penguasaan Konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.