PENGEMBANGAN E-MODUL TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUM BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Andi Zulkarnain, Nina Kadaritna, Lisa Tania

Abstract


The study which used R&D method aimed to describe the validity, eligibility, feasibility, and effectiveness of e-module development product. Based on expert judgment in validity testing, this e-module in high level for content suitability aspect and very high level for module characteristic suitability, graphic, readability and construction aspects. Teachers responded that all aspects of e-module in very high level. Students responded that graphic and readability aspects of e-modul also in very high level. In the e-module feasibility aspect, there was increasing in feasibility percentage for each meeting. Based on the result, this e-modul was said valid and feasible to be used and effective.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kelayakkan, keterlaksanaan, dan keefektivan dari modul elektronik yang dikembangkan. Berdasarkan hasil validasi, diperoleh kategori tinggi pada aspek kesesuaian isi, dan sangat tinggi pada aspek kesesuaian dengan karakteristik modul, grafika, keterbacaan dan penyajian materi. Penilaian guru terhadap kelima aspek tersebut memiliki kategori sangat tinggi. Respon siswa terhadap aspek grafika dan keterbacaan juga memiliki kategori sangat tinggi. Pada aspek keterlaksanaan modul, terjadi peningkatan persentase keterlaksanaan disetiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, modul elektronik hasil pengembangan dinyatakan valid dan layak untuk digunakan serta efektif.

Kata Kunci : e-modul, mekanika kuantum, pendekatan saintifik, web

Full Text:

PDF

References


Afgani, Muhammad Win. 2009. Pengembangan Media Website pada Materi Program Linear di Sekolah Menengah Atas. Tesis Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya. (tidak diterbitkan).

Arifin, S. 2010. Pengembangan blogsupport Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1): 70-85.

Arikunto,S. 2008. Penilaian Program Pendidikan. Bina Aksara. Jakarta.

Aritonang, KT. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, (10): 11-21.

Carpi, A. 2001. Improvements in Undergraduate Science Education Using Web-Based Instructional Modules: The Natural Science Pages. J.Chem.Educ. 78(12): 1709-1712.

Chang, C. 2001. A study on the Evaluation and Effectivenes Analysis of Web-Based Learning Portofolio (WBLP). Br.J.Educ.Techno. 32 (4): 435-458.

Chou S, dan Chien-Hung Liu. 2004. Learning Effectiveness in a Web-based Virtual Learning Environment: A Learner Control Perspective. J.Comput.Assis.Learn. 21: 65-75.

Crippern, K.J and Boyd L. Earl. 2005. The Impact of Web-based Worked Examples and Self-Explanation on Performance, Problem Solving, and Self-Efficacy. J.Comput.Educ. 1-13.

Hartley, Darin E. 2001. Selling e-Learning. USA: American Society for Training and Development.

Khalifa, M., and Rinky Lam. 2002. Web-Based Learning: Effects on Learning Process and Outcome. IEEE Transactionn On Education. 45 (4): 350-356.

Lubezki, A., Dori, Y. J., & Zoller, U. 2004. Hocspromoting Assessment of Students Performance on Environment-related Undergraduate Chemistry. J.Chem.Educ.Res. Prac. 5(2): 175-184.

Mackey, TP. dan Jinwo Ho. 2008. Exploring the Relationships Between Web Usability and Students Perceived Learning in Web-based Multimedia (WBMM) Tutorials. J.Comput.Educ. 50: 386409.

Miri, B dan Sheizaf Rafaeli. 2004.On-line Question-posing and Peer-Assessment as Means for Web-based Knowledge Sharing in Learning: Inter.J.Hum.Comput.Stud. 61 (2004) 84103.

Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosda.

Nasution, S. 2000. Didaktik Asas-asas Mengajar. Bandung : Jemmars.

Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prasetyo, W. 2012. Pengembangan LKS dengan Pendekatan PMR pada Materi Lingkaran di kelas VII SMPN 2 Kepohbaru Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Matematika 2 (1): 2-7

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Sari, R. A. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Web untuk Materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 3 No . 2 Tahun 2014 Hal. 7-15.

Slavin, R.E. 2008. Pembelajaran Kooperatif Teori Riset dan Praktik. Bandung. Nusa Indah.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. 2010. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyanto. 2006. Pentingnya Motivasi Berprestasi dalam Mencapai Keberhasilan Akademik Siswa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim Penyusun, 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional

Tim Penyusun. 2013. Diklat Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Analisis Materi Ajar Konsep Pendekatan Saintifik. Jakarta: Kemdikbud

Tim Penyusun, 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Lampiran III 10.d Tentang Pedoman Mata Pelajaran Kimia Minat Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemdikbud

Tsai, Mand Chin-Chung Tsai. 2010. Information Searching Strategies in Web-Based Science Learning: The Role of Internet Self-Efficacy. J. Innov. Educ. Teach. Inter. 40 (1): 43-50

Tsapartis, G. & Zoller, U. 2003. Evaluation of Higher vs. Lower-order Cognitive Skills-type Examination in Chemistry: Implications for University in class Assessment and Examination. J.Chem.Educ. 7;50-57.

Umaida, N. 2009. Studi Kesulitan Belajar dan Pemahaman Konsep Struktur Atom Pada Siswa SMA Negeri 8 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wahono, R.S. 2005. Pengantar e-learning dan Pengembangannya. Jakarta: LIPI.

Wang, et al. 2006. Learning Styles and Formative Assessment Strategy: Enhancing Student Achievement in Web-based Learning. J.Comput.Assis.Learn. 22: 207217.

Yurmalin, MZ. 2013. Pengembangan Permainan Ular Tangga untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Jurnal Teknik 3(1) 75-84.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.