PENGEMBANGAN LKS DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEORI ATOM BOHR

Ika Nurul Sannah, Nina Kadaritna, Lisa Tania

Abstract


This research was aimed to describe the validity, practicallity, and effectiveness of student worksheets using discovery learning model on topic of Bohrs atomic theory as development product. This research was conducted by using Research and Development (R&D) method, until the revision step after preliminary field testing. Student worksheets validation by experts has done by three validators. The preliminary field testing was conducted in the 10th grade of MIA4 at SMA Negeri 1 Kalianda to know the practicality and effectiveness of student worksheets. The result showed that this student worksheets have high validity, practice, and effective.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan lembar kerja siswa dengan model discovery learning pada materi teori atom Bohr yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) sampai pada tahap revisi setelah uji coba terbatas. Validasi oleh ahli terhadap LKS hasil pengembangan dilakukan oleh tiga orang validator. Uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Kalianda untuk melihat kepraktisan dan keefektifan LKS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan memiliki validitas yang tinggi, praktis dan efektif.

Kata kunci: discovery learning, LKS, teori atom bohr

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Taktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Djamarah, S. dan Zain. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran tentang Struktur Atom dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. Disertasi. SPs-UPI. Bandung.

Ikhsani, L. 2013. Memandang Teori Atom Dari Kacamata Filsafat Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di Kelas. Makalah. [online]. http://www.academia.edu/5452420/TEORI_ATOM. Diakses pukul 01.00 pm tanggal 2 November 2014.

Nasika, F. 2012. Pengembangan Students Worksheet Dengan Penemuan Terbimbing Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Mathedunesa, 1(1), 1-8.

Nieveen. 2007. An Introduction to Educational Design Research. Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University. Shanghai (PR China). November 23-26, 2007.

Prasetyo, W. 2012. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Dengan Pendekatan PMR Pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMPN 2 Kepohbaru Bojonegoro. Mathedunesa Journal, 1(1), 1-8.

Putrayasa, I. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pendidikan PGSD Undiksha. 2(1), 1-11.

Rohim, F., dan Susanto, H. Ellianawati. 2012. Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Education Jurnal. Semarang: Universitas Negeri Semarang. 1(1), 1-5.

Sagala, S., dan Sasmira, N. 2010. Efektivitas Metode Discovery Learning dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada SubPokok Bahasan Mengenal Alat-Alat Kantor Kelas XI SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009. Skripsi. (tidak diterbitkan).

Sardini. 2013. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS MAN Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(7), 1.

Senam, Arianingrum, R., Permanasari, L., dan Suharto. 2008. Efektivitas Pembelajaran Kimia Untuk Siswa SMA Kelas XI dengan Menggunakan LKS Berbasis Life Skill. Jurnal Pendidikan Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran, 9(3), 280-290.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sungkono. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Syafrullah, M. 2013. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Metode Pembelajaran Inquiry dengan Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 11 Palembang. Skripsi. Palembang. (tidak diterbitkan)

Tim Penyusun. 2010. Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Menengah Atas.

Tim Penyusun. 2014a. Permendikbud No.59 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Tim Penyusun. 2014b. Permendikbud No.160 tahun 2014. Tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Umaida, N. 2009. Studi Kesulitan Belajar dan Pemahaman Konsep Struktur Atom pada Siswa SMA Negeri 8 Malang. Skripsi. Universitas Negeri Malang. Malang. (tidak diterbitkan)

Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah Seminar Pelatihan Penyusunan LKS Untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.Yogyakarta: UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.