EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NHT DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA MATERI IKATAN KIMIA

Helmayati Helmayati, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This research aimed to describe the effectiveness of NHT learning model to increase the students concept in the chemical bonds topic. This research used quasi experiment method with non-equivalent (pretest-posttest) control group design. Population of this research was students of the 10th grade in SMA Tri Sukses Natar on 2012/2013 academic year. This research used two classes as sample where they were taken by using purposive sampling. The results showed that the average of n-Gain of students concept in experimental and control class were 0.58 and 0.49, respectively. Based on the results of hypothesis testing, NHT learning model was effective to increase students concept in the chemical bonds topic.


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran NHT dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa materi ikatan kimia. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Tri Sukses Natar tahun ajaran 2012 /2013. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sebagai sampel dimana sampel tersebut ditentukan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-Gain penguasaan konsep siswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 0,58 dan 0,49. Berdasarkan hasil uji hipotesis, disimpulkan bahwa model NHT efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa ikatan kimia.

Kata kunci: ikatan kimia, model pembelajaran NHT, penguasaan konsep siswa

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. 2008. Learning To Teach. Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Creswell, J. W. 2009. Research design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Third Edition CSAGE publications. Thou-sand Oaks California 91320.

Djamarah, S.B. dan Zein, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Herdy. 2009. Model Pembelajaran NHT. [on line] tersedia: http://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajar-an-nht-numbered-heat-toge-ther/. Diakses pada tanggal: 9 Januari 2015

Holland, C. 2011. Numbered Heads Together. [on line] tersedia: http://www.eazhul.org.uk/nlc/numbered_heads_html. Diakses tanggal 28 November 2012.

Komariah, S. 2011. Peningkatan Aktivitas dan Penguasaan Konsep Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik NHT pada Materi Pokok Ikatan Kimia, Tata Nama dan Persamaan Reaksi Sederhana. Skripsi. Bandar Lampung: FKIP UNILA

Lie, A. 2008. Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Meilisiya, F.F. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together pada Materi Laju Reaksi dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: FKIP UNILA

Nurulita. 2008. Cooperatie Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media.

Sagala, S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Seifert, K. 2008. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan (Manajemen Mutu Psikologi Pendidikan Para Pendidik). Jogjakarta: IRCiSod.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Trianto. 2009. Mendesain Model pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.

Utami, W. 2011. Perbandingan Penguasaan Konsep Ikatan Kimia Antara Pembelajaran Tipe STAD Berbasis Keterampilan Generik Sains dengan Pembelajaran Konvensional. Skripsi. Bandar Lampung: FKIP UNILA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.