PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KINERJA PRAKTIKUM PADA MATERI TITRASI ASAM BASA
Abstract
This study with Research and Development (R&D) method by Borg and Gall was aimed to: (1) develop the performance assessment instrument on the practice of acid-base titration and (2) describe teachers responses of the practice-performance assessment instrument as development product. The research implementation processes were research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision. Descriptive statistics was used for analyzing the data. The results showed that the aspect of compatibility contents, the aspect of construction, and the aspect of legibility are 83.30%, 83.00%, and 84.00%, respectively. Based on the result, it was concluded that the performance assessment instrument on the practice acid-base titration as development product has very good criteria.
Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) menurut Borg dan Gall yang bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen penilaian kinerja praktikum pada materi titrasi asam basa dan (2) mendeskripsikan tanggapan guru terhadap instrumen penilaian kinerja praktikum yang dikembangkan. Tahap pelaksanaan penelitian ini yaitu penelitian dan pengumpulan informasi (analisis kebutuhan), perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba terbatas, dan revisi hasil uji coba. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan persentase aspek kesesuaian isi, aspek konstruksi, dan aspek keterbacaan masing-masing adalah 83,30%, 83%, dan 84,00%. Kesimpulan penelitian ini adalah instrumen penilaian kinerja praktikum titrasi asam basa yang dikembangkan memiliki kriteria sangat baik.
Kata kunci: instrumen penilaian kinerja praktikum, pengembangan, titrasi asam basa
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedelapan. Jakarta: Bumi Aksara.
Amri, S. 2014. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Pustakaraya.
Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2010. Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Samosir, T. 2013. Pengembangan Asesmen Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung. (tidak diterbitkan).
Sholeha, A. 2014. Pengembangan Instrumen Assessment Zat Aditif dan Akditif Psikotropika Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan Terhadap Lingkungan. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung. (tidak diterbitkan).
Subiantoro, A.W. 2010. Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Yogyakarta: UNY.
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun. 2013. Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013. Jakarta: Depdikbud.
Tim Penyusun. 2014. Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.