EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGORGANISASIKAN

Maulida Etikasari, Ila Rosilawati, Lisa Tania

Abstract


The purpose of this research was describe the effectiveness of scientific approach on acid base topic in increasing organizing skill. Scientific approach consists of five steps: observing, questioning, experimenting, associating, and communicating. The population in this research was students in the 11th grade science class of SMA Negeri 1 Pringsewu for 2014/2015 academic year. The quasi experiment used Non Equivalent Control Group Design with two classes as sample where they were taken by using purposive sampling. The results showed that n-Gain average of students organizing skill in acid base topic in experiment class was 0,49 and in control class 0,35. It conclude that scientific approach learning in acid base subject matter was effective in increasing students organizing skill.

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan mengorganisasikan. Pendekatan ilmiah terdiri dari lima tahap: mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pringsewu tahun 2014/2015. Penelitian kuasi eksperimen menggunakan Non Equivalent Control Group Design dengan dua kelas sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan mengorganisasikan pada materi asam basa pada kelas eksperimen sebesar 0,49 dan kelas kontrol 0,35. Dapat disimpulkan pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan keterampilan mengorganisasikan.

Kata kunci: asam basa, keterampilan mengorganisasikan, pendekatan ilmiah

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2013. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing: A Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman.

Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. London: Sage Publications.

Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran tentang Struktur Atom dari SMA hingga Perguruan Tinggi. Disertasi. Bandung: SPs-UPI Bandung.

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia.

Ikaningrum, M. N. N. dan Gultom. T. 2013. Efektivitas Pendekatan Scientific Inquiry terhadap Prestasi Belajar dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X. Jurnal Program Studi Pendidikan Kimia UNY, 2(2).

Nasution, K. 2013. Aplikasi Model Pembelajaran dalam Perspektif Pendekatan Saintifik. Artikel Dosen, Guru dan WI Kemenag Sumut, 1-10.

Rofiah,E., Siti. N., dan Yusliana. E. 2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Universitas Sebelas Maret, 1 (2), 17-22.

Sari, A. N. 2014.Pembelajaran Pendekatan Ilmiah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Orisinil Siswa Materi Asam Basa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT.Tarsito.

Sunyono. 2013. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi. Bandar Lampung : Aura Press.

Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Tim Penyusun. 2013a. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemdikbud.

Tim Penyusun. 2013b. Rambu-rambu Penyusunan RPP. Jakarta: Kemdikbud.

Tim Penyusun. 2013c. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdik-bud.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.