PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN TEORI TUMBUKAN

Nurhesti Santika, Nina Kadaritna, Noor Fadiawati

Abstract


This research purpose was to develop student worksheets based on scientific approach on the collision theory. The research method which was used was the method of Research and Development. From the results of the assessment of teachers and student towards student worksheets which were developed, namely student worksheets based on a scientific approach on the collision theory, was obtained percentage on aspects of the suitability of the contents, the readability, and the attractiveness were 94%; 84%; and 84%, respectively which they were categorized very high. The results of student responses to the readability, and attractiveness were also categorized very high with the percentage 82.7% and 85.53%, respectively.


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan teori tumbukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) Dari hasil penilaian guru dan siswa terhadap LKS yang dikembangkan yaitu LKS berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan teori tumbukan, diperoleh persentase pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan sebesar 94%; 84%; dan 84% yang semuanya dikategorikan sangat tinggi. Hasil tanggapan siswa terhadap keterbacaan dan kemenarikan juga dikategorikan sangat tinggi yaitu dengan persentase 82,7% dan 85,53%.

Kata kunci: LKS, pendekatan saintifik, teori tumbukan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Jakarta : Bina Aksara

Arsyad, A. 2005. Media Pembelajaran. PT. Jakarta :Raja Grafindo Persada

Chiapetta & Koballa. 2010. Science Instruction in the middle and secondary schools. New York : Pearson

Saradima, A. 2014. Pengembangan LKS dengan Pendekatan Scientific pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Bandar Lampung : Universitas Lampung

Senam dan Suharto. 2008. Efektivitas Pembelajaran Kimia untuk Siswa SMA Kelas XI dengan Menggunakan LKS Kimia Berbasis Life Skill. (online), (http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/9308280290.pdf), diakses 10 Februari 2014

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung : PT. Tarsito

Sudrajat, A. 2013. Pendekatan Scientific dalam Proses Pembelajaran. (online), (http://akhmadsudrajat.wordpress.m/201/07/18pendekatansaintifikilmiah-dalam-proses-pembelajaran/), diakses 03 Mei, 2014

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sungkono,dkk. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Suparman dan S. Hartati. 2013. Kimia. Surakarta : Suara Media Sejahtera

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III : Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung : Penerbit Imtima.

Tim Penyusun. 2013. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta : Kemendikbud

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.