EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL
Abstract
This research aimed to describe the effectiveness of guided inquiry learning model to increase students originality thinking skills in rate of chemical reactions. This research is done in SMAN 5 Bandar Lampung on academic year 2014-2015 with sample was taken used is purposive sampling technique. The samples in this research were class XI MIA5 as control class and XI MIA3 as experimental class. The method used is quasi experiment with Non-Equivalent (Pretest and Posttest) Control-Group Design. The results showed that the average n-Gain of students originality thinking skills of control class and experimental class were 0.58 and 0.62, respectively. Based on the results of hypothesis testing, guided inquiry learning model was effective to improve students originality thinking skills in rate of chemical reactions.
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015 dengan pengambilan sampel yang menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah XI MIA5 sebagai kelas kontroldan XI MIA3 sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen menggunakan Non Equivalent (Pretest and Postest) Control-Group Design. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata n-Gain keterampilan berpikir orisinil pada kelas kontrol dan eksperimen 0,58 dan 0,62. Berdasarkan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil.
Kata kunci: keterampilan berpikir orisinil, laju reaksi, model pembelajaran inkuiri terbimbingFull Text:
PDFReferences
Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Creswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches Second Edition. New Delhi: Sage Publications.
Munandar. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.
Syaodih, N. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Tim Penyusun. 2013. Rasional Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Wulandari, O. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Koloid Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Orisinil Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: FKIP Unila.
Refbacks
- There are currently no refbacks.