THE ENHANCEMENT OF CLASSIFYING SKILL AND MASTERY OF CONCEPTS IN COLLOIDAL CONCEPT BY PROBLEM SOLVING MODEL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep pada materi koloid. Model problem solving merupakan salah satu model pembelajaran berbasis konstruktivisme yang terdiri dari lima tahap pembelajaran. Penelitian telah dilaksanakan di kelas XI IPA SMA YP Unila Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode preksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan rerata skor pretes dan postes yang ditunjukkan rerata nilai n-Gain keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep sebesar 0,41 dan 0,29. Berdasarkan pengujian hipotesis, hasil penelitian menunjukkan pembelajaran yang menggunakan model problem solving memiliki rerata nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif untuk meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep siswa kelas XI IPA pada materi koloid.
Kata kunci: model pembelajaran problem solving, keterampilan mengelompok-kan, penguasaan konsep.
Full Text:
PDFReferences
Adyana, G. P. 2009. Artikel Penerapan Model Problem Solving. [online] http://www.ziddu.com/down-load/18872748/ARTIKELPENERAPANMODELPROBLEMSOLVING.pdf.html. Diakses 14 Agustus 2012.
Budimansyah, D. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian Portofolio. Bandung: Ganesindo.
Depdiknas. 2008. Rambu-Rambu Pengakuan Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB). Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 1993. Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.