EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA SISWA
Abstract
This research aims to describe the effectivity of guided inquiry student on basic postulates of chemistry.in concept mastery. This research used quasi experiment method with Non-Equivalent Control Group Design. Sampel was decided by using purposive sampling technique. Sample in this research was Senior High School 1Kotaagung with X4 as experiment class and X3 as control class. The effectivity ofguided inquiry learning model was measured based on n-Gain significant differentiation between student mastery concept in control class and experiment class.The result of this research showed that n-Gain average of student concept mastery in experiment class and n-Gain in control class was 0,28 and 0,62. Based on hypothesistesting with t-test, it concluded that guided inquiry was effective in increasing learning student concept mastery on basic postulates of chemistry.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hukum-hukum dasar kimia dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-Equivalent (Pretes-Posttes) Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA N 1 Kotaagung, kelas X IPA4 sebagai eksperimen dan kelas X IPA3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan perbedaan n-Gain penguasan konsep siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain penguasaan konsep untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,62 dan 0,28. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia.
Kata kunci: hukum-hukum dasar kimia, meningkatkan penguasaan konsep, model inkuiri terbimbing
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L. W., et al. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing; A Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addisom Wesley Longman Inc.
Djamarah, S.B. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Nursanti. 2013. Pembelajaran Inkuiri. (Online), (http://org/index.php?option=com_frontpage& itemid-28, diakses tanggal 7 Desember 2013).
Pullaila, A dan Redjeki, S. 2007. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa SMA Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. UPI. Bandung.
Roestiyah, N. K. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Suparno, P. 2010. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Jakarta: Kanisius
Tim penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.
Wicaksono, A. 2008. Efektitivitas Pembelajaran. (Online), (Tersedia di http://agung.smkn1pml.sch.id/wordpress/?p=119, diakses tanggal 7 Desember 2013).
Refbacks
- There are currently no refbacks.