ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LUWES PADA MATERI ASAM BASA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir luwes siswa pada materi asam basa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Swadhipa Natar yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini mengunakan metode pre-eksperimen, desain penelitian one shot case study, dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir luwes pada materi asam basa menggunakan model inkuiri terbimbing pada kelompok tinggi 57,14% berkriteria sangat baik, 28,57% berkriteria baik, dan 14,3% lain-nya berkriteria cukup. Pada kelompok sedang, 31,25% berkriteria sangat baik dan 68,75% berkriteria baik. Pada kelompok rendah, 33,33% berkriteria baik dan 66,67% lainnya berkriteria cukup.
Kata kunci : Asam basa, inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir luwes, kemampuan kognitif.
Full Text:
PDFReferences
Douglas, E. P. dan Chiu C. C. 2009. Work Progress – Use Of Guided Inquiry as an Active Learning Technique in Engineering. Texas: 39th ASEE/IEEE Frontiers in Education Conference.
Evans, J. R. 1991. Berpikir Kreatif, dalam Pengambilan Keputusan dan Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta : Kemendikbud.
Munandar, S. C. U. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.
Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Pulallaila, A dan Sri Redjeki. 2007. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaaan Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sma Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Bandung : UPI.
Sudbudhy, Endang R dan I M Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta : Sekarmita.
Suharyanti, E. 2012. Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Salatiga Pada Pokok Bahasan Lingkaran. Skripsi. Diakses pada tanggal 24 Februari 2014 dari http://repository.library.uksw.edu/handle/123456789/1871
Suyatna, A. 2006. Penerapan Model Pembelajaran Astronomi Berbasis Inkuiri dan Eksplorasi Serta Berorientasi Pemberian Contoh Untuk Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan. 1-11.
Tim Penyusun. 2013. Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD) Jakarta : Kemdikbud.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.