ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LUWES PADA MATERI ASAM BASA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Anisa Meristin, Ila Rosilawati, Noor Fadiawati

Abstract


This research was aimed to describe flexibility thinking skill on the acid base matery by using guided inquiry model learning for high, intermediate and low groups of student.  The subjects were students of class XI IPA SMA Swadhipa Natar who have 32 students.  This research used the pre-experimental method, a one-shot case study design,  and statistic descriptive research.  The results showed that the skill of flexibility thinking on the acid base matery in high level group 57,14% were excellent, 28,57% were good, and 14,3% were enough.  In the intermediate level group, 31,25% were excellent and 68,75% were good.  In the low level group, 33,33% were good and 66,67% were enough.

 

Penelitian ini bertujuan untuk men­deskripsikan kemampuan berpikir luwes siswa pada materi asam basa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah.  Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Swadhipa Natar yang berjumlah 32 siswa.  Penelitian ini mengunakan metode pre-eksperimen, desain penelitian one shot case study, dan  analisis statistik deskriptif.  Hasil penelitian menun­juk­kan bahwa kemampuan berpikir luwes pada materi asam basa menggunakan model inkuiri terbimbing pada kelompok tinggi 57,14% berkriteria sangat baik, 28,57% berkriteria baik, dan 14,3% lain-nya berkri­teria cukup.  Pada ke­lom­pok sedang, 31,25% berkriteria sangat baik dan 68,75% berkri­teria baik.  Pada kelompok rendah, 33,33% berkri­teria baik dan 66,67% lainnya berkri­teria cukup.

 

Kata kunci : Asam basa, inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir luwes, kemampuan kognitif.

Full Text:

PDF

References


Douglas, E. P. dan Chiu C. C. 2009. Work Progress – Use Of Guided Inquiry as an Active Learning Technique in Engineering. Texas: 39th ASEE/IEEE Frontiers in Education Conference.

Evans, J. R. 1991. Berpikir Kreatif, dalam Pengambilan Keputusan dan Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta : Kemendikbud.

Munandar, S. C. U. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Pulallaila, A dan Sri Redjeki. 2007. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaaan Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sma Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Bandung : UPI.

Sudbudhy, Endang R dan I M Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta : Sekarmita.

Suharyanti, E. 2012. Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Salatiga Pada Pokok Bahasan Lingkaran. Skripsi. Diakses pada tanggal 24 Februari 2014 dari http://repository.library.uksw.edu/handle/123456789/1871

Suyatna, A. 2006. Penerapan Model Pembelajaran Astronomi Berbasis Inkuiri dan Eksplorasi Serta Berorientasi Pemberian Contoh Untuk Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan. 1-11.

Tim Penyusun. 2013. Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD) Jakarta : Kemdikbud.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.