INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT NONELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR

Debie Maulidayanti, Ila Rosilawati, lisa Tania

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of guide inquiry learning model in increasing student’s fluency thinking skills in electrolyte-nonelectrolyte subject matter.  The population of this research was students of class X SMA Negeri 2 Metro on academic semester 2013/2014.  Sample was taken by purposive sampling and obtained class X1 and X2as sample.  The method of the research was quasi experimental with non equivalent pretest-postest control group design.  The effectiveness of guide inquiry learning model was showed by the significant difference of n-Gain between control class and experiment class.  The results showed that the average n-Gain of fluency thinking skills of control class and experiment class were 0,36 and 0,54 respectively.  The result of hypothesis testing showed that guide inquiry learning model was effective n improving student’s fluency thinking skills in electrolyte-nonelectrolyte subject matter.

                                    

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar pada materi larutan elektrolit-nonelektrolit.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2013/2014.  Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling.  Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 dan X2.  Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent pretest-postest group design.  Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir lancar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,36 dan 0,54.  Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit-nonelektrolit efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar.

 

Kata kunci : keterampilan berpikir lancar, larutan elektrolit-nonelektrolit, model pembelajaran inkuiri terbimbing

Full Text:

PDF

References


Andalan, M. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Koloid dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Lancar. Skripsi. Bandarlampung: FKIP UNILA.

Creswell, John W. 1997. Research design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches second edition. New Delhi: Sage Publication.

Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Tentang Struktur Atom Dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. Disertasi. Bandung: SPs-UPI.

Marlinda, M. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Menyebutkan Contoh dan Mengidentifikasi Kesimpulan Pada Materi Laju Reaksi. Skripsi. Bandarlampung: FKIP UNILA.

Munandar, S.C. U. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta. Rineka Cipta.

Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

______. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Suparno, P. 2006. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Jakarta: Kanisius.

Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Tim Penyusun. 2013a. Rasional Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

_______. 2013b. Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD). Jakarta: Kemdikbud.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

______. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.