PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN FLEKSIBILITAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah dalam meningkatkan keterampilann fleksibilitas pada pembelajaran larutan elektrolit dan nonelektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Posttest) Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 5 Bandarlampung semester genap Tahun Pelajaran 2013-2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan diperoleh kelas X2 sebagai kelas ekperimen dan X3 sebagai kelas kontrol. Efektivitas pendekatan ilmiah pada pembelajaran ditunjukkan berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan fleksibilitas untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing sebesar 0,39 dan 0,63. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pendekatan ilmiah efektif dalam meningkatkan keterampilan fleksibilitas pada pembelajaran larutan elektrolit dan nonelektrolit.
Kata kunci: keterampilan fleksibilitas, larutan elektrolit dan nonelektrolit, pendekatan ilmiah
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan (Edisi Ketiga). Jakarta: Bina Aksara.
Creswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.
Dahar, R. W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Evans, JR. 1991. Berpikir Kreatif dalam Pengambilan Keputusan dan Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara
Husamah dan Yanur Setyaningrum. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Kompetensi Panduan Merancang Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Ikaningrum, M. N. N. dan T.Gultom. 2013. Efektivitas Pendekatan Scientific Inquiry Terhadap Prestasi Belajar dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X. Jurnal Program Studi Pendidikan Kimia UNY Vol II No.2. Yogyakarta: UNY.
Munandar, S.C.U. 2012. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Nuraeni, N. 2010. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Makalah. Bandung: UPI-Bandung.
Pannen, P., D. Mustafa, dan M. Sekarwinahyu. 2001. Kontruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Dikti
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.
Sudrajat, A. 2013. Pendekatan Ilmiah Dalam Proses Pembelajaran. [online] http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/07/18/pendekatan-saintifikilmiah-dalam-proses-pembelajaran/. Diakses pukul 10.34am tanggal 9 Maret 2014.
Tim Penyusun. 2013. Standar Proses Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Kemdikbud.
Trianto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.