ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT-NONELEKTROLIT MENGGUNAKAN INKUIRI TERBIMBING
Abstract
This research aimed to describe the skill of originality thinking on the electrolyte- nonelectrolyte solutions matery by using Guided Inquiry models learning for high, intermediate and low groups of student. The subjects were students of class X1 SMA Negeri 2 Metro. This research used the pre-experimental method, a one-shot case study design, and statistic descriptive research. The results showed that the skill of originality thinking in high level group 71,43% were excellent, 14,29% were good, and 14,29 were enough. In intermediate level group , 29,41% were excellent, 58,82% were good, and 11,76% were enough. In the low level group, 14,29% were excellent, 28,57% were good and 57,14% were enough.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir orisinil pada materi larutan elektrolit-nonelektrolit menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Negeri 2 Metro. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen, desain one shot case study, dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan berpikir orisinil pada kelompok tinggi, 71,43% berkriteria sangat baik, 14,29% berkriteria baik, dan 14,29% lainnya berkriteria cukup. Pada kelompok sedang, 29,41% berkriteria sangat baik, 58,82% berkriteria baik dan 11,76% lainnya berkriteria cukup. Pada kelompok rendah, 14,29% berkriteria sangat baik, 28,57% berkriteria baik, dan 57,14% lainnya berkriteria cukup.
Kata kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir orisinil, larutan elektrolit-nonelektrolit.
Full Text:
PDFReferences
Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Tentang Struktur Atom Dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. Disertasi. Bandung: SPs-UPI.
Munandar, S.C.U. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Tim Penyusun. 2013b. Rasional Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Winarti, A. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Koloid dalam Meningkat¬kan Keterampilan Berpikir Orisinil. Skripsi. Bandarlampung: FKIP Unila.
Refbacks
- There are currently no refbacks.