PEMBELAJARAN ASAM BASA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LUWES
Abstract
This research was aimed to describe the effectiveness of learning by using the scientific approach in acid base subject matter in increasing the student’s flexibility thinking skills. The population in this research was students of grade X1 Science class SMA Negeri 3 Metro in the Academic Year 2013-2014. Sampling was done by purposive sampling technique and obtained X13 and X15 as research classes. The method of the research was quasi experimental with Non Equivalent Control Group Design. The effectiveness of scientific approach was showed by the significant difference of n-gain score between control and experiment class. The result showed that the n-gain average of student’s flexibility thinking skills for control class and experiment class were 0,33 and 0,54 respectively. From hypothesis testing was known that scientific approach was effective in increasing student’s flexibility thinking skills.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan berpikir luwes siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2013-2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas XI IPA3dan XI IPA5 sebagai kelas penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pendekatan saintifik ditunjukkan berdasarkan perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-ratan-gain keterampilan berpikir luwes siswa pada kelas kontrol sebesar 0,33 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,54. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir luwes siswa.
Kata kunci: keterampilan berpikir luwes siswa, materi asam basa, pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik
Full Text:
PDFReferences
Amri, S. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arends, R.I. 2007. Learning to teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. Jakarta: BSNP.
Craswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.
Gabel, D.L. 1994. Handbook of Research on Science Teaching and Learning. New York: McMillan Publishing Company.
Ikaningrum, M. N. N. dan T. Gultom. 2013. Efektivitas Pendekatan Scientific Inquiry Terhadap Prestasi Belajar dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X. (Jurnal). Yogyakarta: UNY
Mexico dan Regina T. P. 2013. Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scientific Inquiry Terhadap Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Kimia Peserta Didik. (Jurnal). Yogyakarta: UNY.
Munandar. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rinek Cipta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Syaodih, N. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun. 2013a. Diklat Guru. Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Analisis Materi Ajar. Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Kemdikbud.
__________. 2013d. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.
__________. 2013e. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemdikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.