PEMBELAJARAN MATERI ASAM BASA MENGGUNAKAN PENDEKATAN ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR EVALUATIF
Abstract
This research was aimed to describe the effectiveness of scientific approach in increasing student’s evaluative thinking skill in acid-base subject matter. The population of this research was all students grade XI in science class of SMA Negeri 3 Metro at second semester of academic year 2013-2014. Sampling was taken by purposive sampling and obtained class of XI IPA 3 dan XI IPA 5 as sample. The research method used quasi experimental with non equivalent control group design. The effectiveness of scientific approach in the learning was showed by the significant n-gain difference between the experimental class and the control class. The result showed that average n-gain of evaluative thinking skills of control class was 0,25 and 0,56 for experiment class. From the hypotesis testing, it was concluded that scientific approach was effective in increasing the evaluative thinking skill in acid-base subject matter.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah dalam meningkatkan keterampilan berpikir evaluatif siswa pada materi asam-basa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Metro semester genap Tahun 2013-2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 3 dan XI IPA 5 sebagai sampel. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ini ditunjukkan oleh perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-gain keterampilan berpikir evaluatif kelas control adalah 0,25 dan 0,56 untuk kelas eksperimen. Dari pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan ilmiah efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir evaluatif pada materi asam-basa.
Kata kunci: asam basa, berpikir evaluatif, pendekatan ilmiah.
Full Text:
PDFReferences
Afza, A. 2012. Pengembangan Pembelajaran Kontekstual Rangka Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA IPA. (Skripsi). Riau: UNRI.
Arends, R.I. 2007. Learning to teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Arikunto. 1997. Penilaian Program Pendidikan (Edisi Ketiga). Jakarta: Bina Aksara.
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Craswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.
Munandar, S.C. U. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nuraeni, N. dkk. 2010. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. (Makalah). Bandung: UPI-Bandung.
Pannen, P., D. Mustafa, dan M. Sekarwinahyu. 2001. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Dikti.
Sudjana, N. 2002. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.
Tim Penyusun. 2013a. Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemdikbud.
______. 2013b. Rasional Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.