PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KEPEKAAN SISWA

Rizka Rida Utami, Noor Fadiawati, Lisa Tania

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of scientific approach in improving the student’s problem sensitivity in electrolyte and non electrolyte solution subject matter.  The method of the research was quasi experimental with Non Equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design.  The population of this research was students of class X SMA N 5 Bandarlampung in even semester of academic year 2013-2014.  Sampling was taken by purposive sampling and obtained class X2 as experimental class and X3 as control class.  The effectiveness of scientific approach in the learning was showed by the significant difference of n-Gain between experiment and control class.  The results showed that the average of  problem sensitivity’s n-Gain of control class and experiment class were 0,37 and 0,59 respectively.  The result of hypothesis testing showed that scientific approach was effective in improving the student’s problem sensitivity in electrolyte and non electrolyte subject matter.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah dalam meningkatkan kepekaan siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit.  Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 5 Bandarlampung semester genap Tahun Pelajaran 2013-2014.  Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan diperoleh kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol.  Efektivitas pendekatan ilmiah pada pembelajaran ditunjukkan berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan  antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain  kepekaan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing sebesar 0,37 dan 0,59.  Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pendekatan ilmiah efektif dalam meningkatkan kepekaan siswa pada pembelajaran larutan elektrolit dan nonelektrolit.

Kata kunci: kepekaan siswa, larutan elektrolit dan nonelektrolit, pendekatan ilmiah


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan (Edisi Ketiga). Jakarta: Bina Aksara.

Craswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.

Dahar, R. W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Tentang Struktur Atom Dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. Disertasi. Bandung: SPs-UPI Bandung.

Febrianita, N. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pokok Bahasan Lingkaran Berbasis Pemecahan Masalah untuk Melatih Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa SMP. Tesis. Palembang: SPs-Unsri.

Husamah dan Yanur Setyaningrum. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Kompetensi Panduan Merancang Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Ikaningrum, M. N. N. dan T.Gultom. 2013. Efektivitas Pendekatan Scientific Inquiry Terhadap Prestasi Belajar dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X. Jurnal Program Studi Pendidikan Kimia UNY Vol II No.2. Yogyakarta: UNY.

Munandar, S.C.U. 2012. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuraeni, N. 2010. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Makalah. Bandung: UPI-Bandung.

Sudjana, N. 2002. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Tim Penyusun. 2013. Standar Proses Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Kemdikbud.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.