EFEKTIVITAS PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR
Abstract
This research aimed to describe the effectiveness of problem solving learning model to improve the fluency skills in acid-base subject matter. The population of this research were students of class XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung even semester of academic 2013-2014. Sample was taken by purposive sampling technique and obtained XI IPA 4 class and XI IPA 5 class assamples. The method used in this research was quasi experimental with non eqiuvalent pretest-posttest control group design. Effectiveness of this learning model was showed by the significant difference of n-Gain between experiment class and control class. The results of research showed that the average n-Gain of fluency skills of control class and experiment class were 0,32 and 0,64 respectively. The result of t-test showed that problem solving learning model was effective to improve the fluency skills in acid-base subject matter.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar pada materi asam-basa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2013-2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 sebagai sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan non eqiuvalent pretest-posttest control group design. Efektivitas model pembelajaran ini ditunjukkan dengan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan berpikir lancar kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,32 dan 0,64. Hasil uji t menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar siswa pada materi asam-basa.
Kata kunci: asam-basa, keterampilan berpikir lancar, model pembelajaran problem solving
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 1997. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bell, G. M. E. 1994. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Craswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.
Djamarah, S. B dan Aswan Z. 2010. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka cipta.
Munandar, S.C. U. 2008. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Novita, E. 2012. Efektivitas Pembelajaran Problem Solving pada Materi Asam-Basa Arrhenius untuk Meningkatkan keterampilan Siswa SMA dalam Membangun Konsep dan Hukum Sebab-Akibat. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Nurmaulana, F. 2011. Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Pembelajaran Pencemaran Tanah dengan Model Creative Problem Solving. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.
Tim Penyusun. 2013. Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD). Jakarta: Kemdikbud.
Uno, H. B. 2010. Model Pembelajarn Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.