EFEKTIVITAS PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR

Desiana Wulandari, Ila Rosilawati, Lisa Tania

Abstract


This research aimed to describe the effectiveness of problem solving learning model to improve the fluency skills in acid-base subject matter.  The population of this research were students of class XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung even semester of academic 2013-2014.  Sample was taken by purposive sampling technique and obtained XI IPA 4 class and XI IPA 5 class assamples.  The method used in this research was quasi experimental with non eqiuvalent pretest-posttest control group design.  Effectiveness of this learning model was showed by the significant difference of n-Gain between experiment class and control class.  The results of research showed that the average n-Gain of fluency skills of control class and experiment class were 0,32 and 0,64 respectively.  The result of t-test showed that problem solving learning model was effective to improve the fluency skills in acid-base subject matter.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar pada materi asam-basa.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2013-2014.  Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 sebagai sampel.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan non eqiuvalent pretest-posttest control group design.  Efektivitas model pembelajaran ini ditunjukkan dengan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.  Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain  keterampilan berpikir lancar kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,32 dan 0,64.  Hasil uji t menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar siswa pada materi asam-basa.

 

Kata kunci: asam-basa, keterampilan berpikir lancar, model pembelajaran problem solving

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1997. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bell, G. M. E. 1994. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Craswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.

Djamarah, S. B dan Aswan Z. 2010. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka cipta.

Munandar, S.C. U. 2008. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Novita, E. 2012. Efektivitas Pembelajaran Problem Solving pada Materi Asam-Basa Arrhenius untuk Meningkatkan keterampilan Siswa SMA dalam Membangun Konsep dan Hukum Sebab-Akibat. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Nurmaulana, F. 2011. Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Pembelajaran Pencemaran Tanah dengan Model Creative Problem Solving. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Tim Penyusun. 2013. Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD). Jakarta: Kemdikbud.

Uno, H. B. 2010. Model Pembelajarn Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.