EFEKTIVITAS PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT-NONELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR

Rani Yunita Mawarni, Ila Rosilawati, Lisa Tania

Abstract


This research aimed to describe the effectiveness of problem solving learning  model to improve the students fluency skill in electroliyte-nonelectrolyte solution subject matter. The population of this research were students of class X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung even semester of academic year 2013-2014.  The sampling technique used was purposive sampling. In consideration of the same cognitive level, then obtained class X2 and X3 as the research sample.  The method used in this research was quasi experimental with non equivalent (pretest-posttest) control group design. The effectiveness of learning model in the learning was showed by significant difference of n-Gain between experiment and control class.Based on the results, the average n-Gain of fluency skills of control class and experiment class were 0,21 and 0,52 respectively.  The result of t-test showed that problem solving learning model was effective to improve the fluency skills in electroliyte-nonelectrolyte solution subject matter.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar siswa pada materi larutan elektrolit nonelektrolit.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2013-2014.  Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling.  Dengan pertimbangan tingkat kognitif yang sama, maka diperoleh kelas X2 dan X3 sebagai sampel penelitian.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan non eqiuvalent (pretest-posttest) control group design.  Efektivitas model pembelajaran ini ditunjukan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antar kelas kontrol dan kelas eksperimen.  Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata n-Gain keterampilan berpikir lancar kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,21 dan 0,52.  Hasil uji t menunjukkan bahwa pembelajaran materi larutan elektrolit nonelektrolit menggunakan model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar.

 

Kata kunci : keterampilan berpikir lancar, larutan elektrolit nonelektrolit, model pembelajaran problem solving


Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. 2008. Learning To Teach. New York: Mac Graw Hill.

Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan (EdisiKetiga). Jakarta: Bina Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Craswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.

Djamarah, S.B. dan Aswan. Z. 2010. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Husamah dan Yanur.S. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi Panduan Merancang Pembelajaran Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Munandar. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Rini, N. M. P. 2012. Efektivitas Pembelajaran Problem Solving pada Materi Larutan Non elektrolit dan Elektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Menyimpulkan. Skripsi. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Tim Penyusun. 2013 . Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD). Jakarta: Kemdikbud.

Uno, H. B. 2010. Model Pembelajarn Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi, A. 2011. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Belajar Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Pemecahan Masalah (Problem Solving) pada Siswa Kelas VIID SMP N 2 Depok. Skripsi. Yogyakarta: UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.