PEMBELAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGEVALUASI

Luthfia Ulva Irmita, Noor Fadiawati, Lisa Tania

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of discovery learning model to increase student’s evaluation skills on chemical equilibrium subject matters.  The population of this research was students in grade XI science class of Senior High School Muhammadiyah 1 Metro odd semester of academic year 2013-2014.  The samples were taken by purposive sampling technique and these were XI 1 and XI 2 of science class.  The method of the research was quasi experimental with Non Equivalent Control Group Design.  The effectiveness of discovery learning model was showed by the significant difference of n-gain between control and experiment class.  The result showed that the average n-gain of student’s evaluation skills of control class was 0,37 and 0,64 for experiment class.  The result of hypothesis testing showed that discovery learning model was effective to increase student’s evaluation skills on chemical equilibrium subject matters.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan mengevaluasi pada materi kesetimbangan kimia.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Metro semester ganjil Tahun Pelajaran 2013-2014.  Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 dan XI IPA2 .  Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Grup Design.  Efektivitas model discovery learning ditunjukkan berdasarkan perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.  Hasil penelitan menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan mengevaluasi pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,37 dan 0,64.  Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan mengevaluasi pada meteri kesetimbangan kimia.

 

Kata kunci: kesetimbangan kimia, keterampilan mengevaluasi, model discovery learning


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bell, G.M.E. 1994. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Dahar, R. W. 1989. Teori - teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Killen, R. 2009. Effective Teaching Strategis. Australia: Social Science Press.

Munandar, S. C. U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Rohim, F., Susanto, H. dan Ellianawati. 2012. Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. (Jurnal). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. PT. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tim Penyusun. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.