PENINGKATAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING

Aria Aditia Jaya, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This research aimed to describe the guided inquiry model that are effective in improving the inference and mastery of concepts skill in the subject of colloid. The samples of this research were the students of SMAN 1 Seputih Mataram class XI IPA2 and XI IPA3 at even semester year of 2012-2013. This research used quasi experiment method by non equivalent control group design. Effectiveness of guided inquiry learning model measured based on significant n-Gain difference between control class and experiment class. The result of this research showed the average of inference skill n-Gain for control class and experimental class were 0,35 and 0,60, then the average of mastery of concepts skill n-Gain for control class and experimental class were 0,38 and 0,67. Based on the hypothesis testing, it was concluded that the guided inquiry learning model effective in improving the inference and mastery of concepts skill on colloid subject.

                             

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model inkuiri terbimbing  dalam meningkatkan keterampilan menginferensi dan penguasaan konsep pada materi koloid. Sample dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Seputih Mataram kelas  XI IPA2dan XI IPA3 semester genap Tahun Ajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Efektivitas model inkuiri terbimbing diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan menginferensi untuk kelas kontrol dan eksperimen yaitu 0,35 dan 0,60, lalu nilai rerata n-Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen yaitu 0,38 dan 0,67. Berdasarkan pengujian hipotesis, didapat kesimpulan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan menginferensi dan penguasaan konsep pada materi koloid.

Kata kunci :keterampilan menginferensi, koloid, pembelajaran inkuiri terbimbing, penguasaan konsep.


Full Text:

PDF

References


Afriyanti, R. 2013. efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan pencapaian kompetensi siswa. Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lampung. Lampung.

Nugroho, A. 2013. efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan menginferensikan siswa. Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lampung. Lampung.

Pirdana, R. 2012. efektivitas pembelajaran LC3E pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lampung. Lampung.

Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Semiawan, C. 1992. Pendidikan Ketrampilan Proses. Jakarta. Gramedia.

Tan, O.S. 2003. Problem-Based Learning Innovation. Singapore: Thomson Learning


Refbacks

  • There are currently no refbacks.