DEVELOPMENT OF SCIENCE LITERACY-BASED ELECTRONIC LEARNER WORKSHEETS (E-LKPD) WITH THE CONTEXT OF BATIK CLOTH COLORING ON CHEMICAL BONDING MATERIAL

Cut Risma Audina, Feri Andi Syuhada

Abstract


Pengembangan Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik (E-Lkpd) Berbasis Literasi Sains Dalam Konteks Pewarnaan Kain Batik Pada Bahan Ikatan Kimia . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pendidikan yang menjadi pertimbangan pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran. Berbagai inovasi pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dikembangkan oleh para pendidik sebagai sarana penting dalam tumbuh kembangnya kegiatan pengajaran. Pembelajaran kimia merupakan materi yang mempelajari konsep-konsep dasar yang bersifat abstrak. Guru sebagai fasilitator diharapkan mampu membantu siswa dalam memahami konsep kimia abstrak dengan mengaitkan materi kimia dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu penerapan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari adalah pewarnaan kain batik yang erat kaitannya dengan pembentukan ikatan kimia pada proses pembuatannya. Banyaknya permasalahan ilmu pengetahuan dan teknologi, literasi sains merupakan keterampilan yang sangat penting dan diperlukan dalam dunia pendidikan saat ini. Hasil wawancara dengan guru kimia SMA Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa menyatakan bahwa guru belum pernah mengembangkan e-LKPD berbasis literasi sains dengan konteks pewarnaan kain batik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hasil validasi ahli e-LKPD, mengkaji respon guru terhadap e-LKPD, dan mengkaji respon siswa terhadap e-LKPD. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yaitu model pengembangan 4D. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 35 siswa dalam 1 kelas, 2 orang guru kimia, dan 4 validator ahli. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara, (2) angket respon guru dan respon siswa, dan (3) validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-LKPD berbasis literasi sains konteks pewarnaan kain batik pada materi ikatan kimia layak digunakan dengan hasil validasi ahli materi sebesar 84,1% termasuk dalam kategori sangat layak, dan hasil validasi ahli media sebesar 87,75% termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil angket respon guru sebesar 96,8% masuk dalam kategori sangat layak, dan hasil angket respon siswa sebesar 89% masuk dalam kategori sangat layak.

Keywords: e-LKPD, Science Literacy, Batik Fabric Coloring, Chemical Bonding, Research and Development

Doi : 10.23960/jppk.v13i2.29453


Full Text:

PDF

References


Agustang, A., Mutiara, I. A., & Asrifan, A. (2021). Masalah Pendidikan di Indonesia.

Andriyani, A. (2023). Pengembangan e-LKPD Berbasis Proyek Untuk Menunjang Pembelajaran Kimia Pada Materi Asam Basa di Kelas XI SMA (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Asri, I. H., & Ratnaya, I. G. (2023). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Literasi Sains dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi Sistem Respirasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JST (Jurnal Sains dan Teknologi), 12(3).

A'yunin, K., & Dwiningsih, K. (2023). Develompment of Web-Based Interactive e-Module to Improve the Ability of Symbolic Representation of Chemical Bonding Material. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 12(1), 1-12.

Irfandi, I., Linda, R., & Erviyenni, E. (2018). Pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis learning cycle–5e pada materi ikatan kimia. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 3(2), 184-194.

Karimah, R. F., Supurwoko, S., & Wahyuningsih, D. (2014). Pengembangan media pembelajaran ular tangga fisika untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1).

Khoirunnisa, F., & Sabekti, A. W. (2020). Profil keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ikatan kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 26-31.

Mezia, A. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Siswa Kelas XB SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah (Doctoral dissertation).

Nurhidayah, R., Irwandi, D., Saridewi, N. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit. EDUSAINS, 7(1), 37-47

Okpatrioka, O. (2023). Research and development (R&D) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86-100.

Safitri, A. F., Widarti, H. R., & Sukarianingsih, D. (2018). Identifikasi pemahaman konsep ikatan kimia. Jurnal Pembelajaran Kimia, 3(1).

Safitri, R., & Sari, M. (2022). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk Siswa SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh. Journal of Chemistry Education and Integration, 1(1), 9-15.

Saparina, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning yang Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Peserta Didik SMP pada Materi Suhu dan Kalor (Doctoral dissertation, Universitas Jambi). Sihaloho, O. O. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbbasis Learning Cycle 5e Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ikatan Kimia SMA (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).

Sihaloho, O. O. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbbasis Learning Cycle 5e Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Sma (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).

Sumanik, N. B. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis literasi sains untuk melatih kemampuan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, 25(2).

Wulandari, Nisa dan Hayat Sholihin. 2016. Analisis kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan dan kompetensi siswa SMP pada materi kalor. Universitas pendidikan Indonesia.

Yahya, F., Muntari, M., Hakim, A., & Anwar, Y. A. S. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi Kelas XI IPA SMAN 1 Narmada. Chemistry Education Practice, 6(2), 262-269.

Yakina, Y., Kurniati, T., & Fadhilah, R. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Di SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 5(2).

Yuzan, I. F., & Jahro, I. S. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 2(01), 54-60

Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605-616.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.