Application of Teams Games Tournament (TGT) Learning Model assisted by Kahoot Media to Interest and Learning Outcomes of Class XI Students on Reaction Rate Material

Nurhalimah Sitinjak, Ahmad Nasir Pulungan

Abstract


Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Media Kahoot terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Laju Reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, minat belajar dan hubungan minat dengan hasil belajar yang dilakukan di SMA Swasta Dharmawangsa Medan. Desain penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Dharmawangsa Medan dan sampelnya adalah kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Kahoot dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol yang diajar. dengan model Teams Games Tournament (TGT) dibantu kartu yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan instrumen non tes berupa angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran TGT berbantuan kartu pada materi laju reaksi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran TGT berbantuan kartu pada materi laju reaksi (75.00 > 70.00). nilai rata-rata minat belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (79 > 74,97). Terdapat korelasi positif antara minat dengan hasil belajar dilihat dari r hitung = 0,744 dengan kategori baik. 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Kahoot, Kartu, Hasil Belajar, Minat Belajar


Full Text:

PDF

References


Anisa, N., Saleh, A. R., & Sudirman, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kahoot dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 1 Majene. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(2), 1048-1053.

Anviani, R., & Pujiriyanto, P. (2022). Penggunaan Aplikasi Kahoot! dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Epistema, 3(1), 1-9.

Armania, Marzan, Siti Eftafiyana, and Asep Ikin Sugandi. 2018. “Analisis Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa Smp Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1(6):1087. doi: 10.22460/jpmi.v1i6.p1087-1094.

Christianto, H., Parera, L. A., & Alunat, D. (2023). The Effect of Using the Teams Games Tournament (TGT) Model Assisted by TTS on the Students Interests and Learning Outcomes in Colloid Material. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal of Innovation in Chemistry Education), 5(1), 1-10.

Desriyanti, R. D., & Lazulva, L. (2016). Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Konsep Hidrolisi Garam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 1(2), 70-78.

Dita, L. A., & Syafriani, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Deli Tua. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 6(2),2548-8856.

Fadhilla, H., Bachri, S., & Djono, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) dengan Media Permainan Kartu Destinasi Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X IIS 2 SMA Negeri 5 Surakarta Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Candi, 15(1), 91.

Hayu, L. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Pada Siswa Kelas X IPA-2 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4119-4125.

Purnamasari, W., Hala, Y., & Fatmawati, F. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Kahoot dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI MIPA 4. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(3), 424-429.

Rahayu, S., Ritonga, P. S., & Yenti, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Kokami Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Termokimia. Journal of Chemistry Education and Integration, 1(2), 128-138.

Rohmah, O. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa (Eksperimen Pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Tangerang). Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1).

Rumape, O., Christopel, N., La Kilo, J., & La Kilo, A. (2020). Penerapan Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dilengkapi Kartu Nama dari Tata Nama Senyawa Kimia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 40-46.

Safitri, R., & Sari, M. (2022). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk Siswa SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh. Journal of Chemistry Education and Integration, 1(1), 9-15.

Sari, S. W., & Labetubun, S. R. (2022). Efektivitas Pemanfaatan Media Kuis Kahoot dalam Meningkatkan Hasil Belajar di SMK Kartika XX-1 Makassar. EDUCANDUM, 8(1), 29-38.

Setiawati, H. D., Sihkabuden, & Adi, E. P. (2019). Pengaruh Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Blitar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 273–278.

Suliastifah, E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Laju Reaksi dan Kreativitas Siswa Kelas XI IPA 6 SMA Negeri 3 Lamongan. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 5(1), 36-42.

Sulorante, L. T. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Koloid Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Bagi KELAS XI IPA DI SMA YPPKK Moria Kota Sorong Tahun 2020. Soscied, 6(1), 171-181.

Syahri, W., Muhaimin, M., & Ardi, A. M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Representasi Kimia pada Materi Laju Reaksi untuk Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress), 9(1), 26-34.

Wahyuningsih, E. T., Purwanto, A., & Medriati, R. (2021). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Project Based Learning Di Kelas XI MIPA SMAN 6 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 77-84.

Wigati, S. (2019). Penggunaan Media Game Kahoot untuk meningkatkan hasil dan minat belajar matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 457-464.

Yakina, Y., Kurniati, T., & Fadhilah, R. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Di SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 5(2).

Zuhri, M. S., & Rizaleni, E. A. (2016). Pengembangan Media Lectora Inspire dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa SMA Kelas X. PYTHAGORAS:Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.