Effectiveness of Guided Discovery Learning-Based E-LKPD During the Covid-19 Pandemic to Improve Student Learning Outcomes
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alifia, U., Arjun, R.B., Luhur, B., Rezantia, P.R., Shintia Revia., & Florischa A.T., 2020. Belajar dari rumah: potret ketimpangan pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Smeru Reseacrh Institute, 1, 1-8.
Dyncer, S. 2015. Effect Of Computer Assisted Learning On Students Achievementin Turkey: a Meta-Analysis. Journal Of Turkish Science Education, 12(1), 99-118.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). McGraw-Hill Inc. New York.
Hake, R. R. 2012. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference, 8 (1), 1-14.
Harefa, N. 2021. Tren Minat Belajar Kimia Mahapeserta didik Terhadap Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Proceeding Seminar Nasional IPA XI, 86-94.
Jahjouh, Y. M. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4), 3-16.
Jen, C. S., & Lean, Y. 2016. A Study On Information Technology Integrated Guided Discovery Instruction Towards Students’ Learning Achievement And Learning Retention. Eurasia Journal of Mathematics Science & Technology Education, 12 (4), 833-842.
Kemendikbud. 2020, Maret 24. Surat Edaran Kemendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Diakses pada 26 Oktober 2021, dari
https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Kemendikbud. 2020, Juni 6. “Merdeka Belajar” Melalui Model Pembelajaran Blended Learning. Diakses pada 4 Juni 2022, dari “Merdeka Belajar” Melalui Model Pembelajaran Blended Learning – BPMP Provinsi DKI Jakarta (kemdikbud.go.id)
Kemendikbud. 2021, September 10. Serba-Serbi Pembelajaran Tatap Muka Terbataas di Wilayah PPKM Level 3. Diakses pada 26 Oktober 2021, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/09/serbaserbi-pembelajaran-tatap-muka-terbatas-di-wilayah-ppkm-level-3
Khikmiyah, F. 2021. Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1), 1-12.
Lee, A. 2020. Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is challenging?. Public Health, 179, A1-A2.
Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27.
Nilamsari, W. P., & Indah, N. K. 2022. Implementasi LKPD Elektronik Berbasis Guided Discovery Pada Materi Fotosintesis Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 446-456.
Nurjanah, S., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2020). Efektivitas LKPD Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Penguasaan Konsep Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia,9(1), 27-41.
Siaahan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 20 (1), 1-6.
Refbacks
- There are currently no refbacks.