PERBEDAAN PENGUASAAN KONSEP IKATAN KIMIA ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN NHT
Abstract
Tujuan penelitian menentukan bagaimana perbedaan rata-rata nilai penguasaan konsep ikatan kimia antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achevment Devision) dengan yang diberi pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XSMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Eksperimen dan desain The Matching-Only Posttest-Only Group Desain. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai penguasaan konsep ikatan kimia yang diberi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hal ini menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dalam meningkatkan penguasaan konsep ikatan kimia.
Kata kunci : pembelajaran kooperatif tipe STAD, pembelajaran kooperatif tipe NHT, penguasaan konsep.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. 1999. Pendidikan Bagi anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Ibrahim, M, dkk. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.
Kunandar. 2007. Guru Profesional. Rajawali Pers. Jakarta.
Lie, A. 2007. Cooperatif Learning(Mempraktikkan Kooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas). Gramedia, Jakarta
Rusman. 2011. Modul Pendekatan dan Model Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Sudjana, N. 1996. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran inovatif Berorientasi konstruktivisme. Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.