Development of an Assessment to Measure Critical Thinking Ability Materials for Interaction of Living Things with the Environment in Bengkulu City Junior High
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penilaian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dalam interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di SMP Negeri di Kota Bengkulu. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 8 tahapan yang meliputi: potensi dan masalah, perencanaan produk, pengembangan produk awal, validasi ahli, revisi ahli, uji coba produk, revisi produk, dan produk akhir. Berdasarkan hasil analisis soal yang memberdayakan siswa untuk berpikir kritis di SMP Negeri di Kota Bengkulu terdiri dari SMPN A sebesar 14%, SMPN B sebesar 10%, dan SMPN C sebesar 6%. Data hasil validasi ahli penilaian, ahli materi, dan ahli bahasa adalah 78,1%, 83,5%, dan 88,5% berada pada (kategori cukup, sangat layak, dan sangat layak). Tingkat keterbacaan soal penilaian sebesar 91,7% dengan kategori sangat baik. Analisis data penilaian berpikir kritis menggunakan model Rasch dengan software Ministep (Winsteps). Kualitas soal dari aspek validitas diperoleh 1 soal tidak valid di SMPN A, 2 soal tidak valid di SMPN B dan SMPN C. Nilai reliabilitas butir soal adalah 0,84, 0,87, dan 0,82 dikategorikan baik. Rata-rata indeks kesukaran butir soal dalam penilaian berpikir kritis menunjukkan bahwa terdapat empat kategori yaitu 7 soal yang sulit, 2 soal sedang, 3 soal mudah, dan 1 soal sangat mudah. Daya pembeda item diperoleh 4 kelompok item berdasarkan indeks keterpisahan item, yaitu 2,33, 2,58, dan 2,48. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan validasi ahli, analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda, soal esai layak digunakan.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto Suharsimi. (2013). “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi II”. Jakarta: Bumi Aksara.
Asmawati Sari Yuli Eka. (2018). “Pengembangan Instrumen Asesmen Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika SMA Dengan Model Creative Problem Solving”. (Doctoral dissertation, Universitas Lampung Bandar Lampung.
Astuti, W. (2019). “Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kritis pada Konsep Fungi. (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Budiman, A & Jailani. (2014). “Pengembangan Instrument Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika SMP kelas VIII Semester 1”. Jurnal riset pendidikan matematika volume 1 nomor 2, doi.http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/viewFile/2671/2224).
Burlian. E. Z. (2020). “Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Budaya Dasar, dan Ilmu Sosial Dasar”. Malang: Inteligensia Media.
Departemen Agama RI. (2005). “Al-Qur’an dan Terjemahannya”. Bandung: Syaamil Al-Qur’an.
Dharmawati, D., Rahayu, S., & Mahanal, S. (2016). “Pengembangan instrumen asesmen berpikir kritis untuk siswa SMP kelas VII pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1598-1606.
Erfan, M., Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Astria, F. P., & Ratu, T. (2020). “Analisis Kualitas Soal Kemampuan Membedakan Rangkaian Seri dan Paralel Melalui Teori Klasik dan Model Rasch”. Indonesian Journal Of Education Research and Review, 1(3), 11-19.
Facione, P. A. (2015). “Critical Thinking: What It Is and Why It Counts”. Insight Assessment.
Fisher, A. (2009). “Berpikir Kritis Sebuah Pengantar”. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Fitriani, E. (2019). Pengembangan Instrument Assessment Hots (High Order Thinking Skill) pada Mata PelajaraN IPS Terintegrasi Nilai-Nilai Pembangunan Karakter Kelas V SD/MI dI Bandar Lampung. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Fitriyani Eka. (2017). “New Edition Big Book IPA SMP Kelas VII, VIII IX”. Jakarta: Cmedia.
Hanifah, N. (2017). “Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi”. Sosio e-Kons, 6(1). http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v6i1.1715.
Hanifah, Nurdinah. (2019). “Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di Sekolah Dasar”. Conference Series. 1(1), p. 005. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/issue/archive.
Hernawan, Anggi. (2018). “Pengembangan Instrumen Asesmen Berpikir Kritis pada Pembelajaran Tematik KelAS IV Sekolah Dasar di Kecamatan Tumijajar”. Journal of Chemical Information and Modeling, 7(1). http://dx.doi.org/10.23960/jpp
Ipin, A. (2018). “Pengembangan Soal-Soal Pilihan Ganda untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Sistem Regulasi Manusia untuk Jenjng SMA”. Jurnal Mangifera Edu, 3(1), 26-39. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v3i1.10.
Jamaluddin, Jamaluddin, dkk. (2020) .“Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP.” Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 13-19. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1296.
Jasin, M. (2009). “Ilmu Alamiah Dasar”. Jakarta: Rajawali Press.
Kartika, A. T., Eftiwin, L., Lubis, M. F., & Walid, A. (2020). “Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Pada Mata Pelajaran IPA”. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(1), 1-10.
Khasanah, N., Sajidan, S., Sutarno, S., Prayitno, B. A., & Walid, A. (2019). “Critical Thinking Ability and Student’s Personal Religious Beliefs: An Analysis of DBUS Model Implementation”. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 4(1), 41-49. doi.10.24042/tadris.v4i1.4101.
Kurniawan Dian. (2020). “Assessement Learning (AFL) dalam Pendidikan Matematika”. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Kusaeri & Suprananto. (2012). “Pengukuran dan Penilaian Pendidikan”. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kusairi, S. (2012). “Analisis asesmen formatif fisika sma berbantuan komputer”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16, 68-87.
Mayasari, E. (2019). “Pengembangan Instrumen Assesmen Berfikir Kreatif Pada Mata Pelajaran Pkn Terintegrasi Pada Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kelas IV SD/MI”. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Meilasari, T. (2018). “Pengembangan Asesmen Biologi Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Materi Animalia Kelas X DI SMA Negeri I Pangkalan Lampam Oki”. (Doctoral dissertation, UIN RADEN FATAH PALEMBANG).
Muhammad Erfan, dkk. (2020). “Analisis Kualitas Soal Kemampuan Membedakan Rangkaian Seri dan Paralel Melalui Teori Tes Klasik dan Model Rasch”. Indonesian Journal Of Education Research and Review, 3(1), 2621-8984. http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24080.
Nuswowati Murbangun, dkk. (2010). “Pengaruh Validitas dan Reliabilitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Bidang Studi Kimia Terhadap Pencapaian Kompetensi”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 566-573.
Parmin, (2012). “Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berwawasan Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat”. Jurnal Penelitian Pendidikan, 29(2), 132. https://doi.org/10.15294/jpp.v29i2.5654.
Priyadi, R., Mustajab, A., Tatsar, M. Z., & Kusairi, S. (2018). “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X MIPA Dalam Pembelajaran Fisika”. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(1), 53-55.
Ryda. (2018). “Silabus Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan”. https://id.scribd.com/document/379122440/Silabus-Materi-Interaksi-Makhluk-Hidup-Dengan-Lingkungan. Pada tanggal 20 Februari 2020 pukul 21.48.
Sanjaya Wina. (2013). “Penelitian Pendidikan”. Jakarta: Kencana.
Saparudin Yudhi. (2018). “Kemampuan Guru SMA Dalam Membuat Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning”. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(3), 131-145.
Sari, N. P., Suhirman, S., & Walid, A. (2020). “Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa Kelas VII SMP”. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 62-73. https://doi.org/10.32938/jbe.v5i2.554.
Sari, T. A., Hidayat, S., & Harfian, B. A. A. (2018). “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Di Kecamatan Kalidoni Dan Ilir Timur II”. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 7(2), 183-195. https://doi.org/10.26877/bioma.v7i2.2859.
SISWANDANI, S. (2015). “Penerapan Penilaian Berdasarkan Standar Penilaian Pendidikan (Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013) Di Kelas Iv Sdn Junrejo 02 Kota Batu”. (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Stobaugh, R. (2013). “Assessing Critical Thinking in Middle and High Schools”. New York London: Routledge Taylor & Francis Group.
Sugiyono. (2015). “Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development”. Bandung: Alfabeta, cv. h. 30-166.
Sumintono Bambang, dkk (2015). “Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assesment Pendidikan”. Bandung: Trim Komunikata.
Uno, Hamzah B, & Satria Koni. (2014). “Assessment Pembelaj1aran”. Jakarta: Bumi Aksara.
Walid, A., Sajidan, S., Ramli, M., & Kusumah, R. G. T. (2019). “Construction of the assessment concept to measure students' high order thinking skills”. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 237-251. https://doi.org/10.17478/jegys.528180.
Wijayanti, A. (2014). “Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 3, No. 2, h. 102–8. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3107.
Wiyoko, T. (2019). “Analisis Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Dengan Graded Response Models Pada Pembelajaran IPA”. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 25-32. http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1402.
Refbacks
- There are currently no refbacks.