The Effectiveness of Guided Inquiry Learning Model to Improve Students' Critical Thinking Skills on Acid-Base Materials

Siti Rohmah, Emmawaty Sofya, Tasviri Efkar, Bayu Saputra

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of guided inquiry learning model in improving students' critical thinking skills on acid-base material. The population in this study were students of class XI MIA SMA Negeri 3 Metro  of the 2019/2020 school year with a sample of class XI MIA 2 as the experimental class and XI MIA 3 as the cotrol class. This research method is a quasi-experimental with pretest postest control group design. The effectiveness of guided inquiry learning modelThis research was analyzed using the two mean difference test at n-Gain and the effect size test on students' critical thinking skills between experimental  class that applied guided inquiry learning model and control class. The results showed that  guided inquiry learning model had a "large" effect on improving students' critical  thinking skills with effect size about 0.94.The conclusion of this research is the guided inquiry learning model is effective for improving students' critical thinking skills.

Keywords:acid-base, critical thinking, guided inquiry learning model.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Metro tahun ajaran 2019/2020 dengan sampel kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest postest control grup design. Penelitian ini di analisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-Gain dan uji effect size terhadap keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing  berpengaruh “besar” dalam meningkatan keterampilan berpikir kritis  siswa dengan effect size sebesar 0,94.Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif untuk  meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

Kata kunci:asam basa, kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran inkuiri terbimbing

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arends, R. I. 2012. Learning to Teach Seventh Edition. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arsiti. 2008. Pendekatan Pembelajaran Konstruktivistik sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas, Kemampuan Belajar Mandiri, dan Hasil Belajar IPS. (Tesis). Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Dahar, R. W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Dyncer, S. 2015. Effects of Computer-Assisted Learning on Students' Achievements in Turkey: A Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1).

Eggen, P., & Kauchak, D. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Ar_Ruzz Media.

Firdani, A. I., dan Poedjiastoeti, S. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berorientasi Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA. UNESA Journal of Chemical Education, 4(2) : 262-271.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E.,& Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eight Edition). New York: Mc-Graw Hill.

Hake, R. R. 2002. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics. 66(1) : 64-74.

Hartono, R. 2014. Ragam Model Mengajar yang Mudah di Terima Murid. Yogjakarta: Diva Press.

Irianto, D. 2017. Industry 4.0; The Challenges of Tomorrow, disampaikan pada Seminar Nasional Teknik Industri, Batu-Malang.

Isjoni. 2012. Memajukan Bangsa dengan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jahjouh, Y. M. A. 2014. The effectiveness of blended e-learning forum in planning for science instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4) : 3-16.

Karwono & Mularsih, H. 2010. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Ciputat : Cerdas Jaya.

Katika, P. H. 2016. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Tehnik Peta Konsep dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Universitas Jember: Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4) : 321-326.

KBBI, 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diakses pada 15 Agustus 2020 dari http://kbbi.web.id.

Kuhlthau, C. C. 2007. Reflections on the Development of the Model of the Information Search Process (isp): Excerpts from the Lazerow Lecture, University of Kentucky, April 2, 2007. Bulletin of the American Society for Information Science and Technology, 33(5) : 32-37.

Lase, D. 2019. Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sundermann, 1(1), 28-43.

Liliasari. 2007. Model-Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Mengembangkan Keterampilan Generic Sains dan Berpikir Tingkat Pelajar. Bandung: UPI.

Li, L., & Guo, R. 2015. A Student-Centered Guest Lecturing: A Constructivism Approach to Promote Student Engagement. Journal of Instructional Pedagogies, 15.

Masitoh, I. D., & Ariyanto, J. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA pada Materi Pencemaran Lingkungan di Surakarta. Universitas Sebelas Maret : Jurnal Pembelajaran Kimia, 10(1): 71-79

Meidayanti, R., Sunyono, dan Tania, L. 2016. Pembelajaran Simayang Tipe ii untuk Meningkatkan Self Efikasi dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 5(1) : 856-867.

Nasution, S. W., Bukit, N., & Ginting, E. M. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Kreativitas terhadap Kognitif Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2) : 101-105.

Nurdiansyah, F.& Eni, F. 2016. Inovasi Model Pembelajar Sesuai dengan Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Nurhayati, A. R., Jayadinata, A. K., & Sujana, A. 2017. Penerapan Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Materi Daur Air. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 1061-1070.

Prasetyowati, E. N., dan Suyatno. 2016. Peningkatan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Kimiadan Pendidikan Kimia (JKPK), 1(1) : 67-74.

Pratama, G. W., Rosilawati, I., & Efkar, T. 2015. Efektivitas Inkuiri Terbimbing Materiasam-Basa-Garam dalam Meningkatkan Keterampilan Klasifikasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(3) : 769-781.

Prihadi, S. 2017. Penguatan Keterampilan Abad 21 Melalui Pembelajaran Mitigasi Bencana Banjir. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP, 20(17) : 45-50.

Puspita, I. K., and Suwarma, I. R. 2017. Analysis of critical thinking skills on the topic of static fluid. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE), 895: 1-4.

Rahmawati., Widodo, W., dan Prabowo. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 1(20) : 68-73.

Rahmawati, R., Hasan, M., &Gani, A. 2014. Meningkatan Motivasi dan Penguasaan Konsep Siswas MA pada Pokok Bahasan Larutan Asam Basa dengan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 2(1), 65-74.

Redhana, I. W., dan Liliasari. 2008. Program Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kritis pada Topik Laju Reaksi untuk Siswa SMA. Forum Kependidikan, 27(2) : 103-112.

Redhana, I. W. 2009. Pengembangan Program Pembelajaran Berbasis Masalah Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Disertasi (tidak diterbitkan). Bandung: SPs Universitas Pendidikan Indonesia.

Sanjaya, W. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana.

Sanjaya,W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Santrock, J. W. 2011. Psikologi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.

Slavin, R. E. 2006. Student-Centered and Constructivist Approaches to Instruction. Educational Psychology Theory and Practice, 8 : 241-273.

Stiggins. 1994. Pengertian Motivasi. Jakarta: Akar Ilmu.

Sudijono, A. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyarti, L.,Arif, A., & Mursalin. 2018 . Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandarlampung: AURA publishing.

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta : Kanisius.

Tangkas, I. M. 2012. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiriter Bombing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAN 3 Amlapura. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1).

Taylor, L. 1993. Vygotskian Influence in Mathematics Education, with Particular Reference to Attitude Development. Focus on Learning Problems in Mathematics. 15: 3-17.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan kontekstual. Jakarta : Prenada Media Group.

Uno, H. B. 2009. Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Vygotsky, L. S. 1992. Ape, Primitive Man, and Child Essays in the History of Behavior. CRC Press.

Wang, C. Y. 2014. Scaffolding Mi L School S U N ’ Constructions of Scientific Explanation: Comparing A Cognitive Versus A Metacognitive Evaluation Approach. International of Science Education, 37(2) : 237-271.

Wicaksono, A. 2008. Efektivitas Pembelajaran. Agung (ed), 5. Diakses pada 5 Januari 2020 dari http://Agungprudent.wordpress.com.

Zubaidah, S. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad , 21( 10).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.