PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN INFERENSI MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengelompokkan dan inferensi pada materi asam-basa melalui model Learning Cycle 5E. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-Equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kotaagung, dimana sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA2. Peningkatan keterampilan mengelompokkan dan inferensi diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan mengelompokkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,63 dan 0,52; serta nilai re-rata n-Gain keterampilan inferensi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,70 dan 0,62. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh kesimpulan bahwa model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan inferensi.
Kata kunci: keterampilan inferensi, keterampilan mengelompokkan, dan model pembelajaran Learning Cycle 5E,
Full Text:
PDFReferences
Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. Sage Publications. London.
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Kurikulum 2004. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Fajaroh dan Dasna. 2003. Penggunaan Model pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kimia Zat Aditif dalam Bahan Makanan pada Siswa Kelas II SMU Negeri 1 Tumpang – Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 11 (2) Oktober 2004.
Liliasari. 2007. Scientific Concepts and Generic Science Skills Relationship In The 21st Century Science Education. Seminar Proceeding of The First
International Seminar of Science Education., 27 october 2007. Bandung.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.