Efektivitas Learning Cycle 3E untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Kelarutan dan Hasil kali Kelarutan

I Komang Oka Mahendra, Ila Rosilawati, Marina Setyarini

Abstract


This research aimed to describe the effectiveness of 3E Learning Cycle (LC 3E) to Improve Concepts Mastery on Solubility and Solubility Product. The population of this research were all students of class XI MIA SMAN 1 Natar 2018/2019. The sampling technique was purposive sampling, obtained XI MIA 1 as the experiment class and XI MIA 4 as the control class. The method in this research was quasi experiment with Non Equivalent Control Group Design. The technique of data analysis was the two average difference by t-test.  The result showed an average n-gain concepts mastery in the experiment class and control class each 0.68 and 0.45, the same as the middle category. The result of  t-test showed there was a significant n-gain concepts mastery difference between the experiment class using LC 3E with the control class using a conventional learning. This show that the LC 3E was effective to improve concepts mastery on solubility and solubility product.

Keywords: LC 3E, concepts mastery, solubility and solubility product

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Learning Cycle 3E (LC 3E) untuk meningkatkan penguasaan konsep materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 1 Natar 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol.  Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan Non Equivalent Control Group Design.  Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t.  Hasil penelitian menunjukkan n-gain rata-rata penguasaan konsep di kelas ekspe­ri­men dan kelas kontrol masing-masing 0,68 dan 0,45, keduanya sama-sama berkategori sedang.  Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan n-gain rata-rata penguasaan konsep yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model LC 3E dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model LC 3E efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Kata kunci: model LC 3E, penguasaan konsep, kelarutan dan hasil kali kelarutan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.