Efektivitas Media E-Book untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Penguasaan Konsep Siswa

Ainindita Fania Nizatama, Ratu Betta Rudibyani, Emmawaty Sofya

Abstract


This research was done to describe the effectiveness of e-book to improve students’ communication skills and concept mastery of acid-base titration.  A quasi-experimental was used in this research which the design is a pretest-posttest control group design. The improvement of the students can be seen from the average n-Grain scores of communication skill and concept mastery on the usage of the e-book.  The results showed that the n-Grain scores of communication skill and concept mastery.  e-book improved significantly. Besides, another result showed that there was a “huge” influence of e-book in students’ communication skill and concept mastery of acid-base titration topic.  It can be concluded that students’ communication skills and concept mastery of acid-base titration using e-book is effective.

Keywords: e-book, communication skills, mastery of concepts, acid-base titration


Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran menggunakan media e-book untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan penguasaan konsep siswa pada materi titrasi asam basa.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan penguasaan konsep siswa diukur dari rata-rata nilai n-Gain keterampilan komunikasi dan penguasan konsep siswa dengan pembelajaran menggunakan media e-book.  Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa n-Gain keterampilan komunikasi dan penguasaan konsep siswa pada pembelajaran menggunakan e-book berbeda secara signifikan dengan pembelajaran tanpa menggunakan media e-book.  Hasil perhitungan ukuran pengaruh keterampilan dan penguasaan konsep titrasi asam basa berpengaruh “besar” pembelajaran dengan media e-book, sehingga dapat disimpulkan keterampilan komunikasi dan penguasaan konsep siswa pada materi titrasi asam basa efektif dengan pembelajarannya menggunakan media e-book.

e-book, keterampilan komunikasi, penguasaan konsep, titrasi asam basa


Full Text:

PDF

References


Aina, M. (2013). Pengaruh pemanfaatan multimedia interaktif pembelajaran ipa- biologi terhadap komunikasi dan kemampuan kognitif siswa SMP 19 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, 15(1), 7-12.

Dahar, R. (2006). Teori-teori belajar & pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud.

Fathan, Fitria, Liliasari, & Rohman, Ijang. (2013). Pembelajaran kesetimbangan kimia dengan multimedia interaktif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1), 30-35.

Fraenkel, J. R., N. E. Wallen, & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education (Eigth Edition). New York: McGrow-Hill.

Gunawan. (2011). Penggunaan simulasi interaktif untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada konsep mekanika. Jurnal Kependidikan, 2 (1), 25-30.

Hake, R. R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high school physics, and pretest scores in mathematics and spatial visualization. Physics Education Research Conference, 1-14.

Husein. (2014). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan komunikasi siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. (ISSN. 2407-6902) 1(3), 28-36.

Istiyanto, J. E. (2013). Pengantar elektronika dan instrumentasi (pendekatan project arduino dan android), Th. Arie Prabawati, Ed. Yogyakarta. Yogyakarta: ANDI.

Jahjouh, Y. M. A. (2014). The effectivenessof blended e-learning forum in planning for science instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4), 3-16.

Mayer, R, E & Moreno, R. (2003). Nine ways to reduce cognitive load in multimedia learning. Educational Psychologist, 38(1), 43–52.

Nugent, G. (1982). Picture,audio, and print; symbolic representation and effect learning educational comunication and technology. Journal, 30(1), 163-174.

Rustaman, Y. N. (2005). Strategi belajar mengajar biologi. Malang: UM Press.

Shiratuddin, N.( 2003). E-book technology and its potential application in distance education. Journal of Digital Information, 3(4), 14-23.

Sugianto, H. (2013). Penerapan model kontektual berbantuan multimedia untuk meningkatkan penguasaan konsep dan literasi sains siswa pada materi fluida di SMA kelas IX IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 1-7.

Sukmariah. (1990). Kimia kedokteran (Edisi 2). Jakarta: Binarupa Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.