Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran oleh Limbah Cair Tahu
Abstract
The purpose of this study is to describe the effectiveness pollution by tofu liquid waste problem-based learning model to improve students’ critical thinking skills. The method used was quasi experiment with the matching only pretest-posttest control group design. The Samples of this research were XI MIA 8 as experiment and XI MIA 5 as control class, that obtained by purposive sampling technique. Data analysis techniques used parametric statistic with t-test and n-gain calculation. The results showed that the posttest average value in the experiment class (73.33) was higher than the posttest average value in the control class (55.2) and the average n-gain of experiment class in medium category. Therefore, it is concluded the implementation of pollution by tofu liquid waste problem-based learning model was effective in improving the students’ critical thinking skills.
Keywords: problem-based learn, pollution of tofu liquid waste, critical thinking skills.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah cair tahu dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 8 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol, yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji t dan perhitungan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes dikelas eksperimen (73.33) lebih tinggi daripada nilai rata-rata postes siswa dikelas kontrol (55.2) dan n-gain rata- rata di kelas eksperimen berkategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan model pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah cair tahu efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, pencemaran limbah cair tahu, keterampilan berpikir kritis.Full Text:
PDFReferences
Asabe, M. B., & Yusuf, S. D. (2016). Effects Of Science Process Skills Approach And Lecture Method On Academic Achievement Of Pre-Service Chemistry Teachers In Kaduna State Nigeria. ATBU, Journal of Science, Technology & Education. 4(2): 68-72.
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach Sevent Edition. New York: McGraw Hill Company.
Azhari, M. (2016). Pengolahan Limbah Tahu dan Tempe dengan Menggunakan Metode Teknologi Tepat Guna Saringan Pasir sebagai Kajian Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan. Media Ilmiah Teknik Lingkungan. 1(2): 1-8.
Barrows, H. S. (1986). A taxonomy of problem-based learning methods. Journal of Medical Education. (Vol. 20).
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1(3): 95-101.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E. & Hyun, H. H. (2012). How To Design and Evaluate Research In Education Eighth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies.
Fredericksen, N. (1984). Implications of Cognitive Theory for Instruction in Problem Solving. Review of Educational Research. 54(3): 363 – 407.
Ge, X., & Land, S. M. (2004). A Conceptual Framework for Scaffolding Ill-Structured Problem solving Processess Using Question Prompts and Peer Interactions. ETR & D. 52(2): 5-22.
Hitipeu, I. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics. 66(1): 64-74.
Haryono. (2017). Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Abad 21. Makalah Seminar Nasional Teknologi Pendidikan 2017. Hal. 425-436. Unnes. Banjarmasin, 15 Juli.
Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T. S. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep dan Inidikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia. 1(2): 127-133.
Laar, E. V., Deursen, V., Dijk, V., & Haan, J. (2017). The Relation Between 21st Century Skills and Digital Skills: A Systematic Literature Review. Computers in Human Behavior. Vol.72, Hal. 577-588.
Liliawati, W. (2011). Pembekalan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah. Jurnal Pengajaran MIPA, UPI. 16(2): 93-98.
Lukitasari, D. R. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Berbantuan Film Sebagai Sumber Belajar Pada Pokok Bahasan Sikap Pantang Menyerah dan Ulaet Kelas X PM SMK N 1 Batang. (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Lumbu. M. A., Fadiawati, N., & Diawati, C. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaranlimbah Cairan Pemutih dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 7(2): 1-15.
Maisaroh, Fadiawati, N., & Diawati, C. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran Oleh Limbah Detergen dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 7(2): 1-15.
Marjan, J., Arnyana, I. B. P., Setiawan, I. G. A. N., & Si, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Ganesha. 4(1): 1- 12.
Marwan & Ikhsan, M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Didaktik Matematika. 3(2): 9-18.
Merianti, M., Hairida & Rasmawan, R. (2016). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 6(3): 1-17.
Mukminan. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendayagunaan Teknologi Pendidikan. Makalah Seminar Nasional Teknologi Pendidikan 2014. Hal. 1-10. Unesa. Surabaya, 27 November.
Muslim, I., Halim, A., & Safitri, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Elastisitas dan Hukum Hooke Di SMA Negeri Unggul Harapan Persada. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 3(2): 35-50.
Nasution. (2007). Metode. Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.
Ningsih, U., Udin, H., & Hidayati, S. (2009). Kajian Beban Pencemaran Limbah Cair Industri Tahu di Kawasan Industri Pengolahan Tahu Kelurahan Gunung Sulah. Jurnal Argoindustri. Vol. 1.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan. 3(2): 155-158.
Redhana, I. W. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 42(3): 151-159.
Sudjana. (2005). Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: PT.Tarsito.
Tan, O. S. (2003). Problem Based-Learning Innovation: Using Problems to Power Learning in the 21 stCentury. Singapore: Cengange Learning Asia Pte.Ltd.
Widjajanti, D. B. (2011). Problem Based Learning dan Contoh Implementasinya. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016. Vol. 1, Hal. 263-271. Malang: Universitas Negeri Malang.
Zubaidah, S. (2017). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilam yang DiajarkanMelalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Kalimantan Barat, 10 Desember.
Refbacks
- There are currently no refbacks.