Model Pembelajaran Berbasis Masalah Informasi Hoax Terkait Makanan Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif
Abstract
The objections of this study is the effectiveness problem-based learning models of hoax information related to several foods in improving creative thinking skills. The population in this study were all XI IPA students from one of the high schools in Gedongtatatan. The sample of this study was XI IPA 5 and XI IPA 4 respectively as the control and the experimental wich class obtained through purposive sampling technique. The research method used quasi-experiment with the design of The Maching Only Pretest-Postest Control Group. Data analysis using parametric statistical test namely t test. The results showed that the average posttest score in the experimental class was higher than the average posttest in the control class, the average n-gain in the experimental class categorized as the medium (0.53). The implementation of the problem-based learning model hoax information related to some foods is effective to improve students' creative thinking skills.
Keywords: problem learning, hoax information, creative thinking skills
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah informasi hoax terkait beberapa makanan dalam meningkatkan kete-rampilan berpikir kreatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPA salah satu sekolah menengah atas di Gedongtatatan. Sampel dalam peneli-tian ini adalah kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diperoleh melaui teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain The Maching Only Pretest- Postest Control Group. Analisis data menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata postes di kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata postes di kelas kontrol, serta n-gain rata-rata di kelas eksperimen berkategori sedang (0,53). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah informasi hoax terkait beberapa makanan dan minuman efektif dalam meninkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, informasi hoax, keterampilan berpikir kreatif
Full Text:
PDFReferences
Agustin, S., Fadiawati, N., & Diawati, C. (2018). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran Limbah Pemutih Dalam Meningkatkan Keteram-pilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan dan Pembajaran Kimia, 7(2).
Ainiyah, N. (2016). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media dan Informasi Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 65-77.
Amalliah. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Fenomena Hoax Di Era Post Line Pada Era Post Truth. Jurnal Akrab Juara UBSI, 2(4).
Appulembang, Y. A. (2017). Norma Kreativitas Menggunakan Torrance Test of Creatifity Thinking Untuk Anak 6-12 Tahun. Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(1), 41-57.
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach Sevent Edition. New York: Mc Graw Hill.
Choridah, D. T. (2013). PeranPembelaajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi, 2 (2).
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evalute Researche in Education (Eight Edition). New York: Mc Graw-Hill Inc.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A six Thousand-Students Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal Of Physics, 66 (1), 64-74.
Hidayah, N., Wardani, S., & Sunarto, W. (2018). Penggunaan Lembar Kerja Siswa Berorientasi Problem Based Learning Untuk Mengem-bangkan Kecerdasan Intraper-sonal. Journal Unnes Chemistry in Education, 7(1).
KBBI V. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V. Tersedia di: http://kbbi. kemdikbud. go.id .
Kurniawan, Y. (2017). Ancaman Berita Hoax Terhadap Kesehatan Mental. Diakses di https://www.kompasiana.com/yudikurniawan/ 58cf94b37 eafbd64302ebc2f/ancaman-berita-hoax-terhadap-kesehatan-mental?page=all pada 6 Januari 2019
Maisaroh., Fadiawati, N., & Diawati, C. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran Oleh Limbah Detergen Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembajaran Kimia, 7(2).
Mawaddah, N. E., Kartono, & Suyitno, H. (2015). Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Metakognisi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jornal Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang, 4 (1).
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Ngermanto, A. (2015). Kecerdasan Quantum: Melejitkan IQ, EQ, dan SQ. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.
Nuswowati, M. (2015). Developing Creative Thinking Skills and Creative Attitude Through Problem Based Green Vision Chemistry Environment Learning. JPII, 4(2),170-176.
Prasetiadi, A. E. (2011). Web 3.0: Teknologi Web Masa Depan Indept. Jurnal UNNUR , 1(3), 1-6.
Pratama, A. B. (2016). Ada 8000 Situs Penyebar Hoax Di Indonesia. Diakses di https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20161229170130-185-182956/ada-800-ribu-situs-penyebar-hoax-di-indonesia pada 6 Januari 2019.
Purwaningrum, J. P. (2012). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Jurnal Refleksi Edukatika Universitas Muria Kudus, 6(2).
Rahadi, D. R. (2017). Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial. Jurnal UNMER, 5(1).
Samto. (2017). Literasi Untuk Menghadapi Persaingan Global Abad 21. Artikel. Surakarta: UNS
Santyasa, I. W. (2018). Alternatif Pembelajaran Abad 21 Untuk Menyiapkan Guru Profesional. Seminar Nasional Kuantum. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Savitri, G. A. (2017). Kritis Terhadap Hoax. Artikel. Malang: Universitas Binus.
Siew, N. M., Chong, C. L., & Lee, B. N. (2015). Fostering Fifth Graders’ Scientific Creativity Through Problem-Based Learning. Journal of Baltic Science Education, 14 (5), 655-669.
Sudjana. (2005). Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: PT. Tarsito.
Torrance, E. P. (1998). The Torrance Tests of Creative Thinking Norms-Technical Manual Figural (Streamlined) Forms A & B. Bensenville, IL: Scholastic Testing Service, Inc.
Wardiana, W. (2002). Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. Universitas Komputer Indonesia. Bandung. Prosiding Disampaikan pada Seminar dan Pameran Teknologi Informasi. tanggal 9 Juli 2002.
Watie, E. D. (2011). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal THE MESSENGER, 3 (1).
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Jurnal UNS, 1 (1), 263-278
Wulandari, W., Liliasari, & Supriyanti, T. (2011). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep pada Materi Larutan Penyangga. JPMIPAUPI, 16(2), 116-120.
Yuniar, T. E.,Widodo, A. T. (2015). Problem Based Learning Berpendekatan Seven Jumps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal Unnes Chemistry in Education, 4(1).
Zuria. (2017). Hasil Survey Mastel Tentang Wabah Hoax Nasional. Diakses di https://mastel.id/infografis-hasil-survey-mastel-tentang-wabah-hoax-nasional/ pada 6 Januari 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.