Pengaruh Pembelajaran SiMaYang dalam Meningkatkan Sikap Kreatif Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Fitry Ledyani, Sunyono Sunyono, Ratu Betta Rudibyani

Abstract


The research aims to describe the influence of the SiMaYang learning model in improving students' creative attitudes to electrolyte and non-electrolyte solution materials. The method of this research is quasi-experimental with pretest posttest control group design. The population in this study were all students of class X IPA High School Bandar lampung. The sample selection was done by cluster random sampling so that the class X IPA 2 was obtained as the experimental class and class X IPA 4 as the control class.  The results showed that differences in the two n-Gain creative attitudes of students in the experimental class had high criteria. The size of the influence of the SiMaYang learning model which has the results as "big" category with the "high" n-Gain criteria. Based on the  hypothesis testing, it can be concluded that the SiMaYang learning model has a high influence in improving students' creative attitudes.

Keywords: SiMaYang learning model, creative attitudes, Electrolite Solution and Non-Electrolit Solution

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan sikap kreatif siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.  Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest postest control group design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Bandarlampung.  Pemilihan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling sehingga diperoleh kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan dua rata-rata n-Gain sikap kreatif siswa pada kelas eksperimen memiliki kriteria tinggi.  Ukuran pengaruh model pembelajaran SiMaYang memiliki hasil kategori “besar” dengan kriteria n-Gain “tinggi”.  Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SiMaYang memiliki pengaruh yang tinggi dalam meningkatkan sikap kreatif siswa.

Kata kunci : model pembelajaran SiMaYang, sikap kreatif , larutan elektrolit dan non-elektrolit

http://dx.doi.org/10.23960/jppk.v8.i2.201909


Full Text:

PDF

References


Abujahjouh, Y. M. (2014). The effectiveness of blended e-learning forum in planning for science instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4), 3-16.

Amri, S., & Ahmadi, I.K. (2010). Proses pembelajaran kreatif dan inovatif dalam kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arifin, M. (2005). Strategi belajar mengajar kimia. Malang: UM Press.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dincer, S. (2015). Effect of computer assisted learning on students’ achievement in turkey: a meta-analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1), 99-118.

Farida, Ratnasari, & Sari. (2016). Pengembangan sikap kreatif siswa pada praktikum penjernihan air. Jurnal Kimia dan Pendidikan, 1(2).

Fraenkel, J. R., N. E. Wallen., & H. H. Hyun. (2012). How to design and evaluate research in education (eigth edition). New York: McGrow-Hill.

Harjali. (2016). Strategi guru dalam membangun lingkungan belajar yang kondusif: studi fenomologi pada kelas-kelas sekolah menengah pertama di Ponorogo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(1), 10-19.

Lezy , M. (2017). Pengaruh strategi scafolding pada pembelajaran simayang dalam meningkatkan self efficacy dan penguasaan konsep pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. (Skripsi). UNILA. Bandar lampung.

Manalu, L.F., Asmadi, M.N., & Rasmiwetti. (2012). Penerapan model pembelajaran tipe STAD untuk meningkatkan sikap kreatif siswa pada pokok bahasan termokimia di kelas XI IPA SMAN 3 Pekanbaru. Riau: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Riau, diakses 2 November 2014, (www.repository.unri.ac.id).

Munandar, U. (2009). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. Jakarta: PT Gramedia.

Murezhawati, E., Hairida, & Melati, H.A. (2017). Peningkatan keterampilan proses sains sma dengan model pembelajaran predict-observe-explain materi hidrolisis garam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6(8), 1-11.

Ristiyani, E., dan Bahriah, E.S. (2016). Analisis kesulitan belajar kimia siswa SMAN X kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18-29.

Sari. (2014). Pengembangan kreativitas mahasiswa calon guru kimia dalam pembelajaran dengan metode inkuiri laboratorium melalui tema minuman kemasan. (Tesis). Bandung: UPI.

Sudjana. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito.

Sunyono. (2014). Model pembelajaran berbasis multipel representasi

dalam membangun model mental dan penguasaan konsep kimia dasar mahasiswa. (Disertasi) Doktor. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya: tidak diterbitkan.

Sunyono, Yuanita, L., & Ibrahim, M. (2015). Supporting students in learning with multiple representation to improve student mental models on atomic structure concepts. Science Education International, 26(2), 104-125.

Widyaningtyas, T., & Widiatmoko, A. (2014). Media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran kimia. pelajaran kimia. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 47-51.

Yakina, K, T., & Fadhilah, R. (2017). Analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran kimia kelas x analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran kimia kelas x di SMAN 1 sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 5(2), 287-297.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.