Pengaruh Isu Sosiosaintifik dalam Meningkatkan Sikap Kreatif Siswa pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit

Meliana Sri agustin, Sunyono Sunyono, Tasviri Efkar

Abstract


The research was aimed to describe  the effect of socioscientific issue in improving students’ creative attitudes ability on electrolyte and nonelectrolyte solutions .  The populations of this research were all students of X MIA at SMA Bandar Lampung.  This research used quasi experiment with Pretest Posttest Control Group Design, cluster random sampling technique was used in determining the samples, thus X MIA1 was chosen as an experiment class and X MIA2 was a control class.  The effect of socioscientific issues was analyzed by the difference of two average test and effect size test.  The results of the research showed that students’ creative attitudes in experimental class were higher than on the control class..  The conclution of this research was the socioscientific issues learning has the ‘large’ and ‘positive’ effects in improving students' creative attitudes ability on electrolyte and non-electrolyte solutions .                                                                               
Keywords: creative attitudes, socioscientific issue learning, electrolyte and non-electrolyte solution.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dalam meningkatkan sikap kreatif siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Bandar Lampung.  Metode dalam penelitian ini adalah kuasi experimen dengan Pretest Posttest Control Group Design, pengambilan sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, didapatkan kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol.  Pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan uji effect size.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kreatif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.  Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik berpengaruh besar dan positif dalam meningkatkan sikap kreatif siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit.

Kata kunci : sikap kreatif, pembelajaran isu sosiosaintifik, larutan elektrolit dan non-elektrolit.

http://dx.doi.org/10.23960/jppk.v8.i2.201906 


Full Text:

PDF

References


Arifin, M. (2005). Strategi belajar mengajar kimia, Malang: UM Press.

Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dincer, S. (2015). Effect of computer assisted learning on students achievement in turkey: a metaanalysis. Journal Of Turkish Science Education, 12(1).

Farida, N. (2014). Pengaruh sikap kreatif terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah metro, 3(2), 10-15.

Farida, R., & Sari. (2016). Pengembangan sikap kreatif siswa pada praktikum penjernihan air. Jurnal Kimia dan Pendidikan, 1(2).

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education (eigth edition). New York: McGrow-Hill.

Hake, R. R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mathematics with gender, high school, physics, and pre test scores in mathematics and spatial visualization. Physics Education Research Conference.

Jahjouh, Y. (2014). The effectiveness of blended e-learning forum in planning for science instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4), 3-16.

Manalu, L. F., Asmadi, M. N., & Rasmiwetti. (2012). Penerapan model pembelajaran tipe STAD untuk meningkatkan sikap kreatif siswa pada pokok bahasan termokimia di kelas XI IPA SMAN 3 Pekanbaru. (Skripsi). Riau: Universitas Riau.

Mazfufah, N. F. (2017). Pengaruh metode diskusi isu-isu sosiosaintifik terhadap kemampuan penalaran ilmiah peserta didik. (Skripsi). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Meristin, A . (2017). Desain pembelajaran inkuiri laboratorium pada pembuatan pewarna alami makanan dari kulit buah naga (hylocereus polyrhizus) melalui ekstraksi untuk mengembangkan kreativitas siswa. (Tesis). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Munandar, U. (2009). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. Jakarta: PT Gramedia.

Munandar, S. C. U. (2012). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Novak. (2010). Learning, creating, and using knowledge: concept maps as facilitative tools in schools and corporations. New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Pambudi, S. F. (2018). Pengaruh penggunaan isu sosiosaintifik untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia dan efikasi diri siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2).

Putriana. (2018). Pengaruh penggunaan isu sosiosaintifik untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia dan metakognisi siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2).

Sadler, T. D., Zeidler, D. L. (2002). The morality of socio scientific issues: construal and resolution of genetic engineering dilemmas. Science Education 88: 4–27. DOI 10.1002/sce.10101.

Sari. (2014). Pengembangan kreativitas mahasiswa calon guru kimia dalam pembelajaran dengan metode inkuiri laboratorium melalui tema minuman kemasan. (Tesis). Bandung: Upi.

Smith, K. C., & Nakhleh, M.B. (2011). Universitystudents’conceptionsofbonding in melting and dissolving phenomena. Chemistry Education Research and Practice, (4), 398–408.

Subiantoro, A. W. Ariyanti, N. A., & Sulistyo. (2013). Pembelajaran materi ekosistem dengan socio scientific issues dan pengaruhnya terhadap reflective judgment siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 41-47.

Sudjana, N. (2005). Metode statistika. Bandung: Transito.

Tim Penyusun. (2016). Permendikbud no 16 tahun 2016 tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.