Efektivitas Model Pembelajaran Pogil untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Garam Menghidrolisis
Abstract
This study was aimed to describe the effectiveness of the Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) learning model to improve science process skills (SPS) at hydrolyzing salt. The method in this research was quasi-experiment with the design was pretest-posttest control group design. The population in this study were all students of XI MIA class in one of senior high school in Lampung Selatan. The sample of the research was chosen by purposive sampling technique, XI MIA 1 as the experimental class and XI MIA 4 as the control class. The technique of data analysis was the two average difference by t-test. Based on the hypothesis test, there was a significant difference in the average n-gain of SPS between the experimental class and the control class, it showed that the POGIL learning model was effective to improve science process skills in hydrolyzing salt.
Keywords: POGIL, science process skills (SPS), hydrolyzing salt.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) pada materi garam menghidrolisis. Metode dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA salah satu SMA di Lampung Selatan. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive samplingyaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Berdasarkan uji hipotesis, terdapat perbedaan rata-rata n-gain KPS yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran POGIL efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi garam menghidrolisis.
Kata kunci : POGIL, keterampilan proses sains (KPS), garam menghidrolisis.
Full Text:
PDFReferences
Abungu, Okere, & Wachanga. (2013). The effect of science process skills teaching approach on secondary school students’ achievement in chemistry. Journal of Educational and Social Research, 4(6), 359-372.
Anitah, S. (2007). Strategi dalam pembelajaran kimia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Fadiawati, N. (2014). Ilmu kimia sebagai wahana mengembang kan sikap dan keterampilan berpikir. Lampung: Universitas Lampung.
Fitriyani, R., Haryani, S., & Susatyo, E. B. (2017). Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 1957-1970.
Fraenkel, J. R., Wallen N. E., & Hyun, H.H. (2012). How to design and evaluate research in education eighth edition. New York: The Mc GrawHill Companies.
Hake, R. R. (1998). Interactive engagement versus traditional methods, a six thousand student survey of mechanics test data for introductory physics coures. American Journal of Physics, 66(1), 67-74.
Hanson, D. (2006). Instructor’s guide to process oriented guided inquiry learning. Pacific Crest: Lisle IL.
Iktafiyah, Ibnu & Fauziah. (2018). Pengaruh POGIL dan verifikasi serta kemampuan awal terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Kimia dan Pendidikan, Vol.3, No.1, e-ISSN, 2502-4787.
Indraswari, Widodo & Muchlis. (2015). Penerapan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) untuk meningkatkan keteram-pilan proses sains pada materi kalor kelas VII SMP N 22 Surabaya: e-pensa.
Kadaritna, N., Sunyono, Sungkowo, & Mulyati. (2002). Penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep kimia pada siswa kelas XII SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 1999/2000. Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 45-51.
Karyadi, B. (2005). Pendidikan kimia mewujudkan pertumbuhan industri yang ramah lingkungan dan hemat energi. makalah seminar nasional kimia dan pendidikan kimia jurusan kimia FMIPA. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Kussmaul, Clifton. (2016). Special session: helping students to develop communication, team-work, and other process skills with POGIL. SIGCSE, 978-1-4503-3685-7/16/03.
Moog, R. S. & Spencer N.J. (2008). In process oriented guided inquiry learning (POGIL). Washington DC: American Chemical Society.
Qomaliyah, E. N., Sukib & Loka, I. N. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains terhadap hasil belajar materi pokok larutan penyangga. J. Pijar MIPA, 11(2), 105-109.
Rustaman, N. (2005). Strategi belajar mengajar biologi. Malang: UM Press.
Rustam, Ramdani & Setijani. (2017). Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) terhadap pemahaman konsep IPA, kete-rampilan proses sains dan ke-mampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 3 Pringgabaya Lombok Timur. JPPIPA, P-ISSN, 2460-2582.
Sulistyorini, S. (2007). Model pembelajaran IPA sekolah dasar dan penerapannya dalam KTSP. Semarang: Tiara Media.
Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. kencana. Jakarta: Prenada Media Group.
Tawil, M & Liliasari. (2014). Keterampilan-keterampilan sains dan implementasinya dalam pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM.
Tim Penyusun. (2011). TIMSS and PIRLS in development completed into the field timss and pirls international study center, lynch school of education. boston college. IEA international association for the evaluation of educational achievement http://www.iea.nl.
Tim Penyusun. (2016). Ranking by mean score for reading, mathematics and science. IEA international association for the evaluation of educational achievement http://www.iea.nl.
Trowbridge, L. W., & Bybee, R. W. (1990). Becoming a secondary school teacher. Columbus: Charles E Merrill Publishing Company.
Wardani, Widodo, & Priyani. (2009). Peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan keterampilan proses sains berorientasi problem based instruction. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1), 391-399.
Yani, Sri, Haryono, Saputro & Sulistyo. (2012). Model MFI dan POGIL ditinjau dari aktifitas belajar dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar. Prosiding ISSN, 2252-7893.
Zasmita, & Karniawati, (2015). Pengaruh model pembelajaran process oriented guided inquiry learning terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif siswa pada pelajaran fisika. EDUSAINS, 7(2), 191-201.
Refbacks
- There are currently no refbacks.