Pengaruh Isu Sosio-Saintifik dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit

Bella Nur Farida, Sunyono Sunyono, Tasviri Efkar

Abstract


This research was aimed to describe the effect of socio-scientific issues on improving science process skills.  The method used was quasi-experiment with pretest-postest control group design.  The samples were X MIA 4 as experiment class and X MIA 3 as control class, cluster random sampling technique was used in determining the samples.  The effect of socioscientific issues was analyzed using the difference between two average tests and the effect size test.  The results of the research show that the science process skills of students in the experiment class were higher than in the control class.  The effect size of socio-scientific issues as a "large" category.  In conclusion, socioscientific issues had large and positive effects on improving students’ science process skills on electrolyte and non-electrolyte solutions.

Keywords: science process skill, socio-scientific issues, electrolyte, and non-electrolyte solutions.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.  Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group.  Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling didapatkan kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol.  Pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan uji effect size.  Hasil penelitian menunjukkan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.  Ukuran pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik berkategori “besar”.  Kesimpulannya, pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik berpengaruh besar dan positif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Kata Kunci: keterampilan proses sains, isu sosiosaintifik, larutan elektrolit dan non-elektrolit.

http://dx.doi.org/10.23960/jppk.v8.i2.201910


Full Text:

PDF

References


Abrari, N.A.I., Meti, I., & Riezky, M. P. 2012. The Influence of Guided Discovery Learning Methods Towards Science Skills Process in Class X of SMA Negeri 1 Teras Boyolali in Academic Year 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2): 421-428.

Amri, S., & Ahmadi, I. K. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students’ Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1): 99-118.

Efendi, A. K. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengkonstruksi Argumen dan Memberikan Alasan Pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 1(1).

Fauziah, N., Sunyono, & Efkar, T. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi SiMaYang Tipe II untuk Menumbuhkan Model Mental dan Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, (1): 172-183.hysic.

Fraenkel, J. R. & Wallen, N. E. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Inc.

Hake, R. R. 2002. Relationship of Indiviual Student Normalized Learning Gains in Mathematics with Gender, High School, Physics, and Pre Test Score in Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference.

Hariyani, C., Masriadi, & Sartika, R. P. 2014. Deskripsi Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(12): 16-28.

Jahjuoh, Y. M. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4): 3-16.

Juhji. 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2 (1): 58-70.

Laili, I., 2016. Pengembangan Assesmen Keterampilan Proses Sains pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(3): 1097-1100.

Murezhawati, E., Hairida, & Melati, H. A. 2017. Peningkatan Keterampilan Proses Sains SMA dengan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(8): 1-11

Nugraha, A. W. 2005.Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses IPA pada Praktikum Kimia Fisika II di Jurusan Kimia FMIPA UNIMED melalui Kegiatan Praktikum Terpadu, Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 11(2): 107-112.

Pambudi, F. S . 2018. Pengaruh Penggunaan Isu Sosiosaintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Kimia dan Efikasi Diri Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2).

Puspita, D. R. 2014. Deskripsi Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Metode Praktikum Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIA. Jurnal Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura Pontianak, 4(1): 56-60.

Putri, C. D. S. 2015. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Hakikat Sains terhadap Pengambilan Keputusan dan Pandangan Siswa tentang Hakikat Sains Melalui Isu Sosiosaintifik. (Skripsi). Bandung: UPI.

Putriana. 2018. Pengaruh Penggunaan Isu Sosiosaintifik Dalam Meningkatkan Literasi Kimia dan Metakognisi Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2).

Rakhmawan, A., Setiabudi, A., & Mudzakir, A. 2015. Perancangan Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Inkuiri pada Kegiatan Laboratorium. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1): 143-152.

Ratumanan. 2006. Penilaian Kinerja Siswa. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Bandung: Transito.

Sujana, A., Permanasari, A., Sopandi, W., & Mudzakir, A. 2014. Literasi Kimia Mahasiswa PGSD dan Guru IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1): 5-11.

Sunyono, Wirya, I. W., Suyanto, E., & Suyadi, G. 2009. Identifikasi Tentang Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Propinsi Lampung. Journal Pendidikan MIPA, 10(2): 9-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.