PENINGKATAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI TERMOKIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN POE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada materi termokimia dalam meningkatan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimen dan desain One-Group pretest posttest. Efektivitas model pembelajaran POE diukur berdasarkan nilai normalisasi gain (n-gain). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-gain keterampilan inferensi dan penguasaan konsep masing-masing 0,59 dan 0,67. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran POE pada materi termokimia efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dengan kriteria sedang dan penguasaan konsep dengan kriteria sedang.
Kata Kunci: keterampilan inferensi, penguasaan konsep, pembelajaran poe.
Full Text:
PDFReferences
Dahar, R.W. 1998. Teori-teori Belajar. Erlangga. Jakarta.
Dewi (2008). pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasilbelajar biologi. SMA Negeri. 1 Mengwi. Jawa Tengah.
Hake, R. R. 1999. Analyzing Change-Gain Scores .http://www.physics.indiana.ed/~sdi/Analyzing Change.Gain.pdf. Diakses 20 Juni2012.
Indrawati dan Setiawan. (2009). Pembelajaran inovatif Kreatif dan Inovatif untuk siswa sekolah dasar. [Online]. Tersedia di http://www.p4tkipa.org/data/pkem/pdf.[22 Februari 2010].
Mahmudin (2010). Pelaksanaan Penilaian Keterampilan Proses Sain. [Online]. Tersedia di http.//www.Mahmudin.wordpess.com/2010/04/01.
Melzer,David E.(2002). “The Relationship Reeturn Mathemathic Prepation and conseptual learning Gain in physic: A possible “Hidden Variable”in Diagnostic Pretest Scores. “American Journal Of Physics 70 (12)”
Purwanto dan Sulistyastuti. (2007). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurjanah. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) untuk Meningkat-kan Penguasaan Konsep Tekanan dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa MTS. Tesis. FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung
Trianto. 2010.Model Model Pembelajaran Terpadu.Bumi Aksara. Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.