PENINGKATAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI TERMOKIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN POE

Puspita Agustina, Noor Fadiawati, Chansyanah Diawati

Abstract


The aim of this research was to describe the effectiveness of predict-observe-explain (POE) learning model in thermochemical of inferencetion skill and mastery concept.  Students who became the subject of this research was grade XI IPA1 SMA Gajah Mada in Bandar Lampung Academic Year 2012/2013This research used the preexperimental method and one group pretest-posttest designThe effectiveness of POE learning model was determined based on the average of normalization gain (n-gain).  The results of this research showed that the average of n-gain of inferencetion skill and mastery concept was 0.59 and 0.67Thus, it can be concluded that the POE learning model in thermochemical effective to enhance skill inference and concept mastery in medium category.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada materi termokimia dalam meningkatan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep.  Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013.  Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimen dan desain One-Group pretest posttest.  Efektivitas model pembelajaran POE diukur berdasarkan nilai normalisasi gain (n-gain).  Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-gain keterampilan inferensi dan penguasaan konsep masing-masing 0,59 dan 0,67.  Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran POE pada materi termokimia efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dengan kriteria sedang dan penguasaan konsep dengan kriteria sedang.

Kata Kunci:  keterampilan inferensi, penguasaan konsep, pembelajaran poe.


Full Text:

PDF

References


Dahar, R.W. 1998. Teori-teori Belajar. Erlangga. Jakarta.

Dewi (2008). pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasilbelajar biologi. SMA Negeri. 1 Mengwi. Jawa Tengah.

Hake, R. R. 1999. Analyzing Change-Gain Scores .http://www.physics.indiana.ed/~sdi/Analyzing Change.Gain.pdf. Diakses 20 Juni2012.

Indrawati dan Setiawan. (2009). Pembelajaran inovatif Kreatif dan Inovatif untuk siswa sekolah dasar. [Online]. Tersedia di http://www.p4tkipa.org/data/pkem/pdf.[22 Februari 2010].

Mahmudin (2010). Pelaksanaan Penilaian Keterampilan Proses Sain. [Online]. Tersedia di http.//www.Mahmudin.wordpess.com/2010/04/01.

Melzer,David E.(2002). “The Relationship Reeturn Mathemathic Prepation and conseptual learning Gain in physic: A possible “Hidden Variable”in Diagnostic Pretest Scores. “American Journal Of Physics 70 (12)”

Purwanto dan Sulistyastuti. (2007). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurjanah. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) untuk Meningkat-kan Penguasaan Konsep Tekanan dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa MTS. Tesis. FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung

Trianto. 2010.Model Model Pembelajaran Terpadu.Bumi Aksara. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.