Pengaruh Isu Sosiosaintifik untuk Meningkatkan Literasi Kimia pada Materi Elektrolit dan Non-Elektrolit
Abstract
This research was aimed to describe The Effect of Socioscientific Issue to Improve Chemical Literacy Ability on Electrolyte and Nonelectrolyte Solutions Topic. This research used quasi experiment with Pretest Posttest Control Group Design. The population of this research were all students of X MIA. The sample was obtained by cluster random sampling technique and it was obtained sample was students of X MIA1 as experiment class and X MIA3 as control class. The effect of socioscientific issue was determined by the accomplishment of socioscientific learning, including the enhancement of chemical literacy ability and was analyzed by difference of two average test and effect size test. The result showed that using socioscientific issue on learning had “large” effect to improve chemical literacy ability with effect size about 0.836.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh isu sosiosaintifik untuk meningkatkan literasi kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas X MIA. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA3 sebagai kelas kontrol. Pengaruh isu sosiosaintifik ditentukan berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan isu sosisosaintifik serta peningkatan kemampuan literasi kimia siswa dan dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-gain dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isu sosiosaintifik dalam pembelajaran memiliki pengaruh “besar” dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa dengan effect size sebesar 0.836.Kata kunci: elektrolit dan nonelektrolit, literasi kimia, pembelajaran isu sosiosaintifik.Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara.
Arikunto, S. 2010. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta : Bina Aksara.
BNSP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMA/MA. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Dyncer, S. 2015. Effects of Computer-Assisted Learning on Students' Achievements in Turkey: A Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1).
Fraenkel, J. R., N. E. Wallen, & Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). New York : McGrow-Hill.
Gormally, C., Brickman, P., & Lutz, M. 2012. Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring undergraduates’ evaluation of scientific information and arguments. CBE-Life Sciences Education, 11(4), 364-377.
Hake, R. R.1998. Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74.
Hernani, M., Mudzakir, A., & Aisyah, S. 2009. Membelajarkan Konsep Sains-Kimia dari Perspektif Sosial Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1), 71-94.
Jahjouh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11 (4): 3-16.
Mazfufah, N.F. 2017. Pengaruh Metode Diskusi Isu-Isu Sosiosaintifik Terhadap Kemampuan Penalaran Ilmiah Peserta Didik. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Odja, A.B. dan Payu, C.S. 2014. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa pada Konsep IPA. Prosiding Seminar Nasional Kimia. Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.
OECD. 2009. PISA 2009 Assessment Framework Key Competencies in Reading,Mathematics, and Science. OECD Publishing Online.
OECD. 2014. PISA 2012 Results in Focus. Programme for International Student Assessment, 1–44. http://doi.org/10.1787/9789264208070-en.
OECD. 2015. PISA 2015 Results in Focus : Snapshot of performance in science, reading and mathematics. OECD Publishing Online.
Putri, C. D. S. 2015. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Hakikat Sains terhadap Pengambilan Keputusan dan Pandangan Siswa tentang Hakikat Sains Melalui Isu Sosiosaintifik. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Rahayu, S. 2015. Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Mewujudkan Literasi Sains Siswa melalui Pembelajaran Kimia/IPA Berkonteks Isu-Isu Sosiosaintifik (Socioscientific Issues). Keynote paper disampaikan dalam Semnas Pendidikan Kimia & Sains Kimia di Fakultas Pendidikan MIPA FKIP Universitas Negeri Cendana, 8 Mei 2015.
Sadler, T. D., Zeidler, D. L. .2002. The Morality of Socioscientific Issues: Construal and Resolution of Genetic Engineering Dilemmas. Science Education 88: 4 – 27. DOI 10.1002/sce.10101
Santoso, A. 2010. Studi Deskriptif Effect Size Penelitian-Penelitian di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penelitian, 14(1): 1-17.
Subiantoro, A.W., Aryanti, N.A., Rifai, M. & Ahmad, J.K.. 2012. Socio-Scientific Issues-Based Instruction dalam Pelajaran Biologi Lingkungan dan Pengaruhnya Terhadap Reflective Judgment dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas X Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Laporan Penelitian Dosen Yunior Anggota Pusdi Tahun Anggaran 2012. Pusat Penelitian Budaya, Kawasan, dan Lingkungan Hidup Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Bandung : Transito.
Sunyono dan Yulianti, D. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Multipel Representasi dalam Menumbuhkan Model Mental dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Kimia Siswa Kelas X. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun I. Lembaga Penelitian Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Suwono, H., Rizkita, L., & Susilo, H. 2017. Peningkatan Literasi Saintifik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Sosiosains. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2).
Toharudin, U., Hendrawati, S. dan Rustaman, A. 2014. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Humaniora. Bandung.
Yuliastini, I.B, Rahayu, S. & Fajaroh, F.. 2016. POGIL Berkonteks Socio Sciencetific Issus (SSI) dan Literasi Kimia Siswa SMK. Pros. Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM. Vol.1. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Malang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.