Efektivitas PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Orisinil Pada Larutan Penyangga
Abstract
This study aims to describe the effectiveness of learning problem based learning (PBL) in improving students' original thinking ability in buffer solution material. The method used is quasi experiment with pretest - posttest non equivalent control group design. This research was conducted in one SMA in Lampung Tengah district. Population in this research is all student of class XI IPA SMA. The effectiveness is determined based on the t-test on n-Gain and supported by the teacher's ability as well as the effect size test. The results showed that the average n-Gain values of original thinking skills in experimental class were medium criteria, very high teacher ability, and medium effect size. The conclusion of this research is effective problem-based learning and has a moderate effect size to improve the ability of original thinking on buffer solution.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi larutan penyangga. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pretest – posttest non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA di kabupaten Lampung Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA. Keefektifan ditentukan berdasarkan uji-t terhadap n-Gain dan didukung dengan kemampuan guru serta uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir orisinil pada kelas eksperimen berkriteria sedang, kemampuan guru yang sangat tinggi, dan ukuran pengaruh yang sedang. Kesimpulan penelitian ini yaitu problem based learning efektif dan mempunyai ukuran pengaruh yang sedang untuk meningkatkan kemampuanan berpikir orisinil pada larutan penyangga.
Kata Kunci: problem based learning, berpikir orisinil, larutan penyangga
Full Text:
PDFReferences
Aidoo, b., s.k. Boateng & I. Ofori. 2016. Effect Of Problem-Based Learning On Students Achievement In Chemistry. Journal Of Eduation And Practice. 7(133):104
Arends, R.I. 2008. Learning to Teach Sevent Edition. New York: McGraw Hill
Arifin. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.
Arikunto. 1997. Penilaian Program Pendidikan (Edisi Ketiga). Jakarta:Bina Aksara.
Astuti, R.P & I. Junaedi. 2013. Peningkatan Aktivitas & Hasil Belajar Melalui PBL Pada Siswa Kelas X SMA. Lembaran Ilmu Kependidikan. 42(2):99.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. Jakarta:BSNP.
Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students’ Achievment In Turkey : a Meta- Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1):99- 118.
Fraenkel, J. R., N. E.Wallen dan H. H. Hyun. 2012. How to Design and Evalute Researche in Education. Eight Edition. New York:McGraw-Hill Inc.
Hake, R. R. 1999. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A six Thousand-Students Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal Of Physics, 66(1):64-74.
Jahjouh, Y.M.A. 2014. The effectiveness of Blended E-Learning Forum In Planning For Science Instruction. Journal Of Turkish Science Education, 11(4):3-16.
Jauhariyah, M.N.R, Sarwanto, & Suparmi. 2013. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fluida Untuk Siswa Cerdas Istimewa. Jurnal .2(3):9.
Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013: Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Kemendikbud. 2014. Permendikbud No 58 tahun 2014 Tujuan dan Hasil Dari Problem Based Learning. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Keenan, W. Charles. 2008. Kimia untuk Universitas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Munandar, U. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:Rineka Cipta.
Selcuk, G . S. 2010. The Effect of Problem Based Active Learning on Pre-Service Teacher’s Achievement, Approaches and Attitude Towards Learning Physics.International Journal of Physical Sciences. 5 (6):711-723.
Suryani, N., & Leo A. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta:Ombak.
Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung:PT. Tarsito.
Suryani, N., & Leo A. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta:Ombak.
Sutirman. 2013. Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyalarta: Graha Ilmu.
Syukri. 1999. Kimia Dasar 2. Bandung: Penerbit ITB.
Tan, O.S. 2009. Problem-Based Learning and Creativity. Singapore:Cengage Learning Asia Pte Ltd.
Tim Penyusun. 2014. Permendikbud No. 59 tahun 2014 Lampiran III, PMP Mata Pelajaran Kimia SMA. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta
Wasonowati, R. R. T. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Hukum - Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia Vol.3 No.3.
Wulandari, W., Liliasari F.M., & Titin S. 2011. Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pengajaran MIPA.16(2)
Refbacks
- There are currently no refbacks.