Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran Limbah Pemutih Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif

Selly Agustin, Noor Fadiawati, Chansyanah Diawati

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness in problem-based learning pollution bleach waste to improving creative thinking skills. The research design used was the matching only pretest and postest control group design. The population in this research was all of students in grade XI IPA one of Senior High School in Bandarlampung, the sample of the research are XI IPA 2 and XI IPA 5 that obtained by purposive sampling technique. The data analysis technique used was parametric statistic test using t-test to postestt value. The results of this study it can be seen from postest value. Postest value in the experiment class that is greater than the postest value in the control class as well as the n-gain on the medium categorized in the experimental class and in the low control class indicate that problem-based learning model of pollution bleach liquid wastecan improve students' creative thinking skills.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah pemutih dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah the matching only pretest and postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA salah satu SMA di Bandarlampung, dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 5 yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik parametrik menggunakan uji t terhadap nilai postes. Hasil penelitian ini dapat dilihat berdasarkan nilai postes yang ditunjukkan. Nilai postes di kelas eksperimen yang lebih besar daripada nilai postes di kelas kontrol dan juga n-gain  yang berkategori sedang di kelas eksperimen dan di kelas kontrol berkategori rendah menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah pemutih dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, pencemaran limbah pemutih, keterampilan berpikir kreatif


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21. PT Refika Aditama. Bandung.

Anwar, M. N. 2012. Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1, 44-47.

Arends, R.I. 2008. Learning to Teach Sevent Edition. New York: McGraw Hill

Arnyana.P. 2007.Buku Ajar Strategi Belajar Mengajar. Singaraja: FPMIPA. Universitas Pendidikan Ganesha

Awang, H., Dan Ramly, I. 2008. Creative Thinking Skill Aproach Through Problem-Based Learning: Pedagogy and Practice in the Engineering Classroom. World Academy Of Science, Engineering and Technology

Birgilli, B. 2015. Creative and Critical Thinking Skills in Problem Based Learning Environment. Journal of Gifted Education and Creativity, (2),71-80

DeeHan, R. L. 2011. Teaching Creative Science Thinking. Science Education Journal, 334: 1499-1500

Diawati, C., Lilisari, Setiabudi, A., Buchari. 2017. Pengembangan Dan Validasi Asesmen Kinerja dalam Proyek Modifikasi Alat Praktikum Kimia Instrumen. Journal Chemistry in Education

Ersoya, E & Başer, N. 2014. The Effects of Problem-Based Learning Method in Higher Education on Creative Thinking. Procedia-Social and Behavioral Sciences , 0, 0. Turki: Ondokuz Mayıs Üniversites

Fadiawati, N., Fauzi, M.M. 2016. Merancang Pembelajaran Kimia di Sekolah: Berbasis Hasil Riset dan Pengembangan. Yogyakarta: Media Akademi

Fogarty, R. 1997. Problem Based Learning and Other Curiculum Models For The Multiple Intelligences Classroom. Arlington Heights, Illionis: SkyLight

Fraenkel, J. R., N. E.Wallen dan H. H. Hyun. 2012. How to Design and Evalute Researche in Education. Eight Edition. New York. Mc Graw-Hill Inc

Hake, R. R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A six Thousand-Students Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal Of Physics, 66(1), 64-74

Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013: Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Marjan, J., I. Arnyana, I. Setiawan. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Ma Mu’alimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. E-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Ganesha, 4(1). 1-12

Mawaddah, NE., Kartono.,& Suyitno, H. 2015. Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Metakognisi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jornal Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang UJMER 4 (1)

Nggermanto, A. 2015. Kecerdasan Quantum: Melejitkan IQ, EQ, dan SQ. Penerbit Nuansa Cendekia. Bandung.

Nuswowati, M. 2015. Developing Creative Thinking Skills and Creative Attitud Through Problem Based Green Vision Chemistry Environment Learning. JPII. Volume 4 Nomor 2. Hal.170-176.

Putra, S.R. 2013.Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta:Diva Press.

Raiyn, J. & Tilchin, O. 2015. Higher-Order Thinking Development through Adaptive Problem-based Learning. Journal of Education and Training Studies. Israel. Volume 3 Nomor 4.

Redhana, i. w. 2012. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pertanyaan Socratic Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, Jilid 42, Nomor 3, 151-159.

Reta, I. K. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Artikel. Gianyar: Universitas Pendidikan Ganesha.

Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Setiawan, P. A. 2011. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Mengelompokkan Pada Materi Pokok Asam-Basa. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Sharon & Key. K. 2010. 21st Century Knowledge And Skills In Educator Preparation. New York: Blackboard ETS Intel National Education Association Microsoft And Pearson.

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung. PT. Tarsito.

Trilling, B & Hood, P. 1999. Learning, Technology, and Education Reform In The Knowledge Age. Jornal of Educational Technology, v39 n3 p5.

Utomo, T., Wahyuni, D., Hariyadi, S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.Journal Edukasi Vol.1 No.1.

Wasonowati, R. R. T. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Hukum - Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jornal Pendidikan Kimia Vol.3 No.3.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A & Nyoto, A. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016. Vol. 1 Tahun 2016. Universitas Negeri Malang. Hal. 263-271.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.