Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran Limbah Pemutih dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

Mery Arisandi Lumbu, Noor Fadiawati, Chansyanah Diawati

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of problem-based learning pollution of bleach waste to improve critical thinking skills. The method used was quasi experimental by using the matching only pretest-posttest control group design. The population in this study was all of students in grade XI IPA one of Senior High School in Bandarlampung. The Samples of this research are XI IPA 2 as experiment class and XI IPA 5 as control class that obtained by purposive sampling technique. Data analysis techniques used parametric statistic with t-test. The results showed that the average n-gain in the experiment class included in the high category, and the n-gain in the control class belongs to the medium category and there is a significant difference of postes average value in the control class and experiments. The result showed that implementation of problem-based learning pollution of bleach waste was effective in improving the critical thinking skills.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah pemutih dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA salah satu SMA di Bandarlampung. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan uji t.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain di kelas eksperimen berkategori tinggi, sedangkan n-gain di kelas kontrol berkategori sedang, serta terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata postes di kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah pemutih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa

Kata kunci:  pembelajaran berbasis masalah, pencemaran limbah pemutih, keterampilan berpikir kritis.


Full Text:

PDF

References


Aidoo, B., Boateng, S.K. & Ofori, I. 2016. Effect of Problem-Based Learning on Students’ Achievement in Chemistry. Journal of Education and Practice. Vol.7 No. 33.

Agustin, R & Supardi, Z.A.I. 2014. Peneapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Kemampuan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Kalianget. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). Vol. 3, No.2. Hal. 14-19.

Arends, R.I. 2008. Learning to Teach Sevent Edition. New York: McGraw Hill Company.

Asabe, M.B., dan Yusuf, S. D. 2016. Effects Of Science Process Skills Approach And Lecture Method On Academic Achievement Of Pre-Service Chemistry Teachers In Kaduna State Nigeria. ATBU, Journal of Science, Technology & Education. 4 (2): 68-72.

BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasianal Abad XXI. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Cottrell, S. 2005. Critical Thinking Skills Developing Effective Analysis and Argument. New York: Palgrave macmillan.

Fakhriyah, F. 2014. Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Hal. 95-101.

Hake, R. R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74.

Haryono. 2017. Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Abad 21. Makalah Seminar Nasional Teknologi Pendidikan 2017. Unnes.

Lestari, N.W.N.S. 2016. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA. Diseminarkan di Seminar Nasional Pendidikan IPA di Universitas Negeri Semarang Tanggal 23 April 2016. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Liliawati, W. 2011. Pembekalan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah. Jurnal Pengajaran MIPA, UPI. Vol. 16, No. 2. Hal. 93-98.

Lukitasari, D.R. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Berbantuan Film Sebagai Sumber Belajar Pada Pokok Bahasan Sikap Pantang Menyerah dan Ulaet Kelas X PM SMK N 1 Batang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Machali, I. 2014. Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 4, No. 1. Hal. 71-93

Marwan & Ikhsan, M. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Didaktik Matematika. Vol.3 No.2. Hal 9-18.

Merianti, M., Hairida & Ramawan, R. 2016. Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 6 No. 3.

Mukminan. 2014. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendayagunaan Teknologi Pendidikan. Makalah Seminar Nasional Teknologi Pendidikan 2014. Unesa. Hal. 1-10.

Nugraha, R.G.A & Hariyadi, S. 2017. Literasi Media Jembatan Bagi Siswa SD Untuk Menangkal Hoax. Konferensi Bahasa dan Sastra II. Unnes.

Nuryanto., Budi, U & Agung N.C.S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dilengkapi Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Termokimia Kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 20`4/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol. 4, No. 4. Hal. 87-94.

Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 81A Tahun 2013 Tentang tentang Implemetasi Kurikulum, Lampiran IV, hlm. 3-4.

Redhana, I.W. 2012. Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Th.XXXI Nomor 3. Hal. 351-363.

Redhana, I.W. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Jilid 46 Nomor I. Hal. 76-86.

Riyanto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru, Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Salsiah, A. 2015. Kemampuan Menyusun Hipotesis dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 6 Edisi 2. Hal 190-201.

Sharon & Key. K. 2010. 21st Century Knowledge and Skills in Educator Preparation. New York: Blackboard ETS Intel National Education Association Microsoft and Pearson.

Sinambela, N.J.M P. 2017. Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Generasi Kampus. Unimed. Jilid 6. Hal. 17-28.

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: PT.Tarsito.

Sulaiman, F. 2013. The Effectiveness of PBL Online on Physics Students’ Creativity and Critical Thinking: A Case Study at Universiti Malaysia Sabah. International Journal of Education and Research. Vol. 1 No. 3.

Tan, O. S. 2003. Problem Based-Learning Innovation: Using Problems to Power Learning in the 21 st Century. Singapore: Cengange Learning Asia Pte.Ltd.

Widjajanti, D.B. 2011. Problem Based Learning dan Contoh Implementasinya. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wijaya, E.Y., Sudjimat, D. A. & Nyoto, A. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016. Vol. 1. Hal. 263-271. Malang: Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.